Home » » Bupati Mardani Fokus Ke Jalan

Bupati Mardani Fokus Ke Jalan

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 18 Agustus 2012 | 21.20



Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) terus berkomitmen untuk terus mendorong percepatan pembangunan daerah melalui perealisasian pembangunan insfrastruktur jalan daerah.Komitmen ini ujar Bupati Mardani H. Maming diproyeksikan guna mendorong secara simultan program-program pembangunan daerah khususnya yang ada di wilayah perdesaan. Di mana dengan begitu akan lahir kondisi yang dinamis terhadap jalannya proses pembangunan daerah, yang secara konkrit menjadi wujud nyata keseriusan pemerintah daerah dalam menciptakan pemerataan program-program pembangunan.

"Secara konseptual, metode pembangunan dengan mengedepankan pembangunan insfrastruktur jalan sebagai pilar utama pendorong bergeraknya dinamika kehidupan masyarakat khususnya yang ada di perdesaan ini diharapkan mampu memberikan dorongan pula terhadap dinamika atau bergeraknya pembangunan bidang-bidang lainnya yang kesemuanya diarahkan bagi peningkatan kualitas pelayanan publik", beber Mardani.

Pasalnya ujar Mardani, dengan topografi wilayah Tanbu yakni berupa daratan, perbukitan, dan sebagian lagi merupakan wilayah dengan kontur tanah lebak atau rawa-rawa, sehingga pemerintah daerah melalui Dinas PU setempat harus mampu melakukan langkah khusus dalam menangani jalan-jalan daerah tersebut. Kondisi inilah yang selama ini menjadi hambatan warga melakukan aktifitas ekonomi secara lancar dan dengan biaya murah.

"Dengan kondisi insfrastruktur yang tak memadai sudah barang tentu menghambat dinamika perekonomian warga. Dengan kondisi jalan yang rusak warga kesulitan memasarkan hasil bumi mereka ke pusat kabupaten atau pusat kecamatan, jika pun dapat dilakukan pasti biaya distribusinya jauh lebih tinggi jika dibandingkan kalau kondisi jalan memadai", jelasnya.

Keseriusan pemerintah daerah dalam merealisasikan pembangunan bidang insfrastruktur jalan ini sambung Mardani, tak lain merupakan bentuk komitmen pihaknya dalam menjawab aspirasi yang berkembang di masyarakat. "Aspirasi urgen yang menjadi harapan mayoritas masyarakat Bumi Bersujud yang ada di desa-desa dalam wilayah kecamatan khususnya wilayah kecamatan yang jauh dari pusat kabupaten adalah terbangunnya insfrastruktur ruas jalan penghubung yang memadai sebagai salah satu faktor penentu atau pendorong bergeraknya dinamika pertumbuhan perekonomian masyarakat, baik ruas penghubung antar kecamatan, kecamatan dengan pusat kabupaten, desa dengan pusat kecamatan", Ujar bupati.

Saat ini sebut orang nomor satu di Bumi Bersujud itu, sejumlah ruas penting dalam kabupaten telah ditingkatkan kualitasnya, dan mendapatkan apresiasi yang besar dari masyarakat. Dari data yang ada di Dinas PU Tanbu, selain merealisasikan program pembangunan insfrastruktur jalan pada tahun anggaran 2012 ini, pemerintah juga telah merancang proyek rehabilitasi peningkatan kualitas jalan pada tahun anggaran 2013 mendatang. Kepala Dinas PU A.Sofiani melalui Sekretaris Dinas PU Tanbu Roy Rizali Rahman mengungkapkan, salah satu wilayah kecamatan yang mendapatkan perhatian serius dari pihaknya pada tahun 2012 hingga tahun 2013 mendatang adalah Kecamatan Kuranji. Ini karena pada tahun itu Kecamatan Kuranji ditetapkan oleh pemerintah daerah sebagai tuan rumah MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Tanbu.

Karenanya, perbaikan insfrastruktur jalan menuju ke Kecamatan Kuranji menjadi salah satu prioritas pihaknya untuk dilaksanakan. Titik-titik ruas jalan menuju Kecamatan Kuranji yang menjadi fokus penggarapan pihaknya urai Roy meliputi, Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban - Desa Ringkit Kecamatan Kuranji sepanjang 8,5 kilometer,  pengaspalan jalan  Desa Ringkit - Desa Karang Mulya sepanjang 1 kilometer, dan pengerasan jalan Desa Indra Loka Jaya - Desa Mustika sepanjang 2 kilometer. Selanjutnya, pada APBD Perubahan 2012 tambah Roy, melalui paket pengerjaan dengan pola proyek multy years atau tahun jamak. Dengan kegiatan proyek multy years itu, Dinas PU akan melakukan pengaspalan dari Simpang Tiga Ringkit - Desa Waringin Tunggal sepanjang 13,8 kilometer. Dan pada 2013 mendatang kegiatan berlanjut dengan pengaspalan Desa Ringkit - Desa Karang Mulya sepanjang 2 kilometer dan pengerasan jalan Desa Karang Intan - Desa Sari Utama sepanjang 5 kilometer. (adv/relhum)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved