Home » » Polres Tanbu Siap Amankan Arus Mudik Lebaran 1433H

Polres Tanbu Siap Amankan Arus Mudik Lebaran 1433H

Written By Fokus Batulicin on Senin, 13 Agustus 2012 | 11.53

Menggunakan bus Pores Tanah Bumbu, Rombongan wartawan yang bertugas di daerah tersebut, mengunjungi sejumlah Pos pengamanan Ops Ketupat Intan 2012, Senin (13/8) kemarin. Didampingi AKP Ana Setiani Kasubbag Humas Polres Tanah Bumbu, puluhan wartawan bergerak meninggalkan Markas Polres menuju Pos pertama didirikan oleh Polsek Kec. Simpang Empat berlokasi di Pusat Niaga Bersujud Pasar Minggu.
Di Pos pertama ini, kesigapan dan kesiapan personil sangat terlihat. Post yang dihuni aparat gabungan terdiri dari Anggota Polres, TNI, Dishupkominfo, PMK, dan Petugas Medis itu berjaga hingga malam hari mengikuti jadwal aplusan, di tempat ini sengaja tidak ditempatkan personil tekhnisi, mekanik maupun montir kendaraan bermotor. Lantaran pos yang didirikan masih berada di pusat perkotaan dengan mudah masih bisa menemukan sejumlah bengkel maupun sentra pelayanan otomotif lainnya,

Dari tempat itu, rombongan meneruskan perjalanan menuju Pelabuhan Samudera Batulicin. Ditempat ini ditempatkan Posko Pelayanan Ops Ketupat intan 2012 dengan disiapkan satu ruang pelayanan kesehatan dan satu posko pengaduan masyarakat dan pelayanan masyarakat, yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk memperoleh informasi dan pelayanan hukum.
Ditempat ini, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Abu Bakar Tertusi bersama Wakapolres Kompol Sentot Adi, Kabag Ops AKP Moerdilly saat melakukan peninjauan kesiapan Pos personil, mengatakan, khusus Di Pelabuhan Samudera, ditempatkan sebanyak 15 personil. Kemudian untuk pengamanan Tahun 2012 Polres Tanbu menyiapkan sebanyak 6 Pos baik Pos Pelayanan maupun Pengamanan. Yang didirakan dari Kecamatan Satui sampai dengan Batulicin dengan melibatkan Total personil 224 anggota gabungan terdiri dari Polri, TNI, Dishub, PMK, Dinkes, Dealer.

"Kita juga turut mengamankan keberadaan calo yang kerap mengambil keuntungan dalam kondisi arus mudik pengguna kapal meningkat saat memasuki H-7 ini. Namun Alhamdulillah sampai saat ini belum kita temukan."Ujar Kapolres Tanah Bumbu AKBP Abubakar Tertusi.

Dari Keterangan Wakapolres Kompol Sentot Adi, disejumlah Pos Pengamanan mendekati H-3 bakal dilengkapi Rest Area, Bengkel dan pelayanan Kesehatan. Dengan dilengkapi sejumlah rambu petunjuk keberadaan posko di sepanjang jalan ketika mendekati lokasi Pos Pam maupun Pos Pelayanan tersebut.

Dari keterangan Kepala Operasional Dharma lautan Aris Krisbyanto untuk angkutan kapal Sengaja didatangkan dari Surabaya dengan kondisi kosong untuk memenuhi lonjakan penumpang untuk keberangkatan pada Tanggal 14, dan 17 Agustus mendatang dari Batulicin. Terkait melambungnya harga tiket pada H-7 tahun ini hingga mencapai Rp 230. 000, hingga Rp 309.000, tersebut, Aris memaparkan hal tersebut untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang mendekati H-7 maupun H-3. Sehingga pemudik bisa memanfaatkan waktu keberangkatan disaat harga tiket masih normal jauh jauh hari sebelumnya.

"Selain instruksi langsung dari pimpinan tertinggi kami di pusat, juga untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang." Ujarnya.

Lonjakan penumpang kapal melalui pelabuhan Samudera Batulicin terjadi sejak Tanggal 10 Agustus lalu, sehingga mengharuskan perusahaan pelayaran itu mengaktifkan 5 unit kapal baik dari Dharmalautan sendiri maupun kerjasama dengan pihak PT Pelni.

Aris juga menjelaskan terkait perubahan jadwal kedatangan kapal. Hal ini murni diakibatkan akibat cuaca yang kurang mendukung, dimana saat ini kondisi gelombang cukup tinggi, sehingga menghambat laju kapal. Namun diprediksi kedatangan kapal tidak bakal melebih waktu hingga 1X24 jam.
"Insya Allah tidak sampai selama itu" ujar Aris.

Powered by Telkomsel BlackBerry®









Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved