Home » » Kebun Pepaya "California" Wisata Agro Gunung Sari

Kebun Pepaya "California" Wisata Agro Gunung Sari

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 18 Agustus 2012 | 10.59

Ditanam diatas lahan kurang dari 1 hektar, ribuan pohon pepaya atau dalam bahasa Banjar, kerap disebut kestela, tertanam rapi menghijau, lengkap dengan buahnya yang menggelantung memukau.

Berkesempatan mengunjungi kebun buah pepaya milik pak Madi warga Desa Gunung Sari Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, di penghujung Ramadhan 1433 H 2012 kemarin, menkadi pengalaman menarik. Betapa tidak, selain bisa menikmati pemandangan asri agro wisata ini, kita juga bisa memilih buah yang akan dibeli dengan cara memetik langsung dari pohonnya.

Dari pemaparan Madi, pemilik
Calipornia Papaya Farm freshh Produce Desa Pulau Sari Tanah Laut ini, dirinya mulai menggeluti pengembangan penanaman buah pepaya yang berasal dari negara california itu sejak 7 bulan lalu. Bersama rekannya, ia mencoba menanam pohon papaya itu dengan cara yang cukup mudah, dan terus memperhatikan kelembaban tanah. Tak heran kincir air yang bertugas menyiramnya tak pernah berhenti setiap hari berputar.

"Keuntungan pengembangan pepaya california ini, salah satunya cepat berbuah, buah relatif besar, proses pematangan juga cepat, dan jumlah buah dari satu pohon bisa mencapai puluhan" ujar Madi.

Sementara secara kasat mata, pohon pepaya california yang ditanam di sisi jalan raya Gunung Sari ini begitu subur, sehingga pohon setinggi satu meter hingga dua meter itu berbuah lebat, bahkan dengan mudah menemukannya yang matang dengan ciri berwarna kekuning kuningan. Buah yang matang, dijual dengan harga yang cukup murah Rp 5000 per kilogram. Rasanyapun, sangat manis dan segar, dengan tampilan warna dagingnya yang merah merona.

Tak heran, banyak pembeli yang datang langsung ketempat ini, baik pengepul maupun membeli sekedar menikmatinya bersama dengan keluarga saat berada dilokasi kebun maupun membawanya pulang kerumah. Dari penuturan Madi, pembeli yang datang ketempatnya bukan saja dari Pelaihara maupun Banjarmasin, bahkan mereka yang kebetulan lewat dengan tujuan Batulicin, Kotabaru dan wilayah lainnya juga cukup banyak berkunjung untuk membeli.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

1 Januari 2013 08.10

saya tertarik untuk membeli banyak....dan membeli bibitx adakah kontak person yg bisa saya hubungi.....

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | EDHA KENCANA CORP | Batulicin
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved