Home » » Tinjau Jalan dan Pasar Desa, Bupati Pake Treil

Tinjau Jalan dan Pasar Desa, Bupati Pake Treil

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 29 Agustus 2012 | 09.35

Muda, Santun, dan disukai oleh masyarakat, demikian sekilas profile Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, Bupati Termuda di Indonesia, yang kerap menyambangi masyarakt pedesaan dengan motor jangkungnya. Seperti yang kemarin (28/8) ia lakukan bersama sejumlah instansi terkait.

Sejumlah jalan dan pasar tradisional pedesaan yang sempat ia kunjungi diantaranya, jalan lingkar kelurahan Gunung Tinggi, Saring, Batu behalang, Sela Selilau, serta Pasar Tradisional desa manungggal Kecamatan Kuranji. Pada kesempatan itu, Bupati juga menyempatkan diri berdialog dengan warga desa Batu Behalang dan warga desa Selilau mengenai kebutuhan akses jalan di kedua desa tersebut. Meski tak banyak yang mengenalnya dari atas motor Treil KTM Orange-nya saat turun dan menghampiri satu persatu warganya di warung kopi yang ia singgahi, Mardani H. Maming tetap saja mengajak warganya berdialog, tak jarang setelah menghafal raut wajah sang Bupati, warganya pun tersipu.

"Ai Bupati, Sekalinya" ujar Sa'adah (46) warga desa Batu Bahalang yang siang itu berkesempatan berdialog dengan Bupati.

Menurut Bupati Mardani H. Maming,semua jalan akses desa yang ada di Tanah Bumbu ditargetkan pada akhir 2013 mendatang sudah mendapat sentuhan perbaikan, minimal pengerasan. Sehingga pihaknya saat ini terus berupaya melakukan infentarisasi sejumlah jalan yang bakal diperbaiki, berikut dengan merancang anggaran yang nantinya bakal dihabiskan.

Di Desa Sela Selilai, Bupati juga meninjau perbaikan dreinase sepanjang 585m dengan sumber dana swadaya senilai seratus juta rupiah lebih. Tak lupa pula, bupati juga berdialog dengan sejumlah dengan tokoh masyarakat desa setempat. Usai dari Desa Sela Selilau, Bupati bergegas menuju Desa Manunggal untuk meninjau kondisi Pasar Tradisional tersebut.

Dimana dijanjikan Bupati, pasar tradisional yang dibangun sejak Tahun 1980 lalu itu, bakal masuk dalam perencanaan rehab di Tahun 2013 mendatang. Hal itu ia lakukan, guna memberikan udara segar dunia perekonomian di Tanah Bumbu, khususnya Kecamatan Kuranji. Dimana Bupati berharap, pasar Kuranji itu dapat diperbaiki setelah Proses Perbaikan Pasar Batulicin, dan Pagatan selesai di perbaiki. Selain direhab, pasar tradisional itu juga bakal diperluas, dan dilengkapi dengan areal parkir.

"Kita bakal buatkan perencanaan anggarannya, minimal sekitar dua atau tiga milyar lebih" ini kita harapkan mampu menumbuhkembangkan pertumbuhan perekonomian di desa maupun di kecamatan, sehingga memberikan multyplayer efect terhadap perkembangan perekonomian dan bisnis di Kabupaten Tanah Bumbu" ujar Bupati, saat meninjau pasar Manunggal siang itu.

Akhir Perjalanan Bupati dan Rombongan sore kemarin langsung menuju wisata alam Air Terjun Gunung Penyesalan, yang berada di belahan Bukit Penyesalan
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved