Home » » Kebutuhan Listrik Tanbu Meningkat 2,10 Persen

Kebutuhan Listrik Tanbu Meningkat 2,10 Persen

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 18 Oktober 2012 | 09.21

Pertumbuhan Pembangunan di Tanah Bumbu semakin cepat. Dari Tahun 2003 hingga kini, percepatan pertumbuhan di berbagai bidang, sangat terasa. Bergelayut di jantung ibu kota Kabupaten Tanah Bumbu dari pagi hingga malam hari, seakan menjadi kota "Insomnia" yang terus memompa denyut ekonomi sebagai tulang punggung peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Mau tidak mau, suka atau tidak suka, bak orang yang diperkosa, ditengah menggeliatnya pertumbuhan pembangunan infrastruktur dari pedesaan hingga wilayah perkotaan, pertumbuhan jumlah penduduk, perumahan, perkantoran, maupun pertokoan, tuntutan kebutuhan penggunaan listrik pun melonjak meningkat. Tentunya hal ini mengikuti gejolak kehidupan masyarakatnya yang juga mengalami peningkatan moderenisasi.

Menurut keterangan Kepala Ranting PT.PLN Tanah Bumbu, H. Syamsu Saleh kebutuhan listrik di Kabupaten Tanah bumbu setiap tahunnya meningkat rata rata 2,10 persen. Hal ini bisa di lihat dari jumlah pasokan listrik yang di suplay, serta jumlah pembangkit penyedia listriknya. Dimana jika tahun 2003 lalu, Tanah Bumbu hanya di aliri listrik bersumber dari PLTU Asam Asam dan pembangkit PLTD Pagatan, tahun berjalan penambahan daya mampu pasokan listriknya pun terus di tambah, baik dari Pembangkit PT. ITP Tarjun, dan kini ditambah lagi beberapa mesin pembangkit yang telah disewa oleh PT.PLN dan ditempatkan di PLTD Pagatan, diantaranya PT, IHM (sudah habis masa kontrak), Sewatama 1, Sewatama 2, Adi Kuatro, dan Kaltimex, dengan total daya mampu mencapai 16, 5 MW.

" Kita juga punya program. Dimana pada akhir tahun ini, Insya Allah pasokan listrik lainnya kita akan dapatkan dari PT. MJIS sebanyak 20KV, serta dari PLTU Asam Asam melalui SUTET terpasang 150 KV, yang keduanya akan di tampung di Gardu Induk Gunung Tinggi. Jika tidak ada halangan 2013, sudah bisa di nikmati" ujar H. Syamsu Saleh, saat di temui di ruang kerjanya (17/10) kemarin.

Saat di tanya, kenapa belakangan ini listrik di wilayah Tanah Bumbu sempat mengalami pemadaman berturut turut setiap hari?, di jelaskan Petinggi PLN di Batulicin ini, hal itu murni karena adanya gangguan tekhnis pada bagian mesin ataupun jaringan listrik yang terpasang dari pembangkit menuju rumah pelanggan. Seperti yang terjadi baru baru ini, tenaga pembangkit PT. ITP Tarjun tengah mengalami gangguan pada bagian travo. Dengan kejadian ini PT.ITP Tarjun yang biasanya memproduksi 2,2 MW mengalami devisit 1 MW. Meskipun demikian, tetap saja PLN tidak memberlakukan pemadaman listrik, karena pasokan listrik yang tersedia masih dinilai sangat mencukupi, karena dari kapasitas yang terpasang 16, 5 MW tersebut untuk memenuhi listrik di Kabupaten Tanah bumbu mencapai 12,8 MW.

"Itu sudah kita persiapkan dari 13 MW yang terpasang, sudah termasuk untuk menutupi kekurangan suplai dari ITP Tarjun. Akan tetapi, dalam waktu dekat ini Teravo baru yang didatangkan untuk mengganti travo yang rusak, sudah bisa terpasang, dan difungsikan" beber H. Syamsu Saleh.

Untuk itu, dirinya meminta Masyarakat Tanah Bumbu lebih bisa mengerti atas segala upaya pihak PLN untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat agar listrik di Tanah Bumbu bisa di nikmati secara merata hingga ke pelosok pedesaan, tanpa adanya pemadaman bergilir lagi.

"Kalau ada pemadaman satu, atau dua jam tolong di fahami lah. Maklum saja mesin mesin pembangkit kami operasi selama 24 jam tanpa istirahat. Jadi kalo ada kerusakan dan terjadi pemadaman. Mohon pengertiannya, " pinta, H. Syamsu panggilan lelaki yang hoby memancing ini.

Yang terpenting, menurut H. Syamsu, pelanggan harus menghemat penggunaan listrik pada waktu beban puncak, dengan mematikan lampu atau peralatan elektronik yang tidak terpakai. Selain itu, pelanggan juga harus membayar listrik tepat pada waktunya, mengingat PLN Ranting Batulicin mengalami peningkatan jumlah penunggak, hingga mencapai Rp 2 Milyar lebih.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved