Home » » Polair Tanbu Amankan Kapal Pencuri Batubara

Polair Tanbu Amankan Kapal Pencuri Batubara

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 31 Oktober 2012 | 18.11

Dua unit kapal kayu jenis KM Aquaria dan KM Ulfa GT 6 berhasil diamankan Satuan Polair Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Rabu (31/) dini hari,di wilayah perairan Pulau Tempakang selat Kotabaru Kabupaten Tanah Bumbu, berikut 10 ABK dari kedua kapal tersebut turut dibekuk dan sekarang diamankan di Polres setempat.

Penangkapan yang langsung dipimpin oleh Kasat Polair Tanah Bumbu AKP Parman S.Sos bersama 6 orang anggotanya, berhasil membongkar sindikat pencurian batubara di tengah laut yang belakangan ini mulai marak di Perairan Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Tertangkapnya Kapal Kayu tersebut, bermula dari laporan abk TB Dina Merina 87, kemudian Petugas satpolair melakukan pengejaran dan menemukannya tengah mengiringi kapal tongkang dengan nama lambung Dina Marine 88 yang saat itu sedang ditarik oleh TB Dina Marine 87.

Saat dihampiri petugas melihat para abk kapal kayu itu tengah sibuk mengambil batubara dari atas tongkang menggunakan sekop dan memindahnya ke kapal kayu milik mereka secara bergantian. Saat tertangkap, kedua kapal sudah terisi batubara seberat lebih 3 Ton, dan rencananya batubara itu akan dijual lagi dengan cara mengarungkannya di darat kepada pembeli batubara curah.

"Saat kita menggerebek aksi mereka, beberapa Abk Aquaria dan Ulfa tak sedikit yang berupaya kabur dengan cara menceburkan diri ke air, namun petugas menyisirnya kembali satu persatu hingga berhasil diamankan sebanyak 10 orang" ucap AKP Parman, kemarin.

Dari KM Aquaria tertangkap diantaranya Ramli bin Sarifuddin, Jusman bin Abdul Latif, serta Azis bin Umar. Sementara dari KM Ulfa mereka yang diamankan adalah M Idris bin Saling, Armiaji bin M Iderus, Ahmad bin Hassanuddm, Imbang bin Ramalang, Ade Bin Ardi, Fahri bin Nasrudin, dan juga Andi Ipul Pettoserong. Ke sepuluh ABK yang diamankan itu rata rata merupakan warga pendatang asal Sulawessi dan menetap di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel.

Kini, saat berita ini diturunkan, KM Aquaria dan KM Ulfa serta Barangbukti Batubara sudah diamankan di Mako Satpolair Tanah Bumbu di Jalan poros KM 1 Pelabuhan Kodeco, untuk proses penyidikan lebih lanjut.

"Untuk mencegah terjadinya pencurian semacam ini, kita sudah menyebar no telpon Petugas Polair kepada ABK Tough Boat. Agar bisa segera melaporkan kasus pencurian batubara di Tongkang mereka masing masing. Kemudian untuk patroli perairan, kedepannya akan terus kita tingkatkan" papar AKP Parman S.Sos, yang saat itu didampingi IPDA Ahmad Rifai selaku Kanit Gakkum Polair setempat.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved