Home » » Tanbu Berjaya Pada Lomba PIK Tingkat Provinsi Kalsel

Tanbu Berjaya Pada Lomba PIK Tingkat Provinsi Kalsel

Written By Fokus Batulicin on Senin, 01 Oktober 2012 | 16.59

BATULICIN - Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) berkomitmen menjadikan pembangunan bidang keremajaan menjadi salah satu skala prioritas pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) daerah.

Seperti diungkapkan Bupati Mardani H. Maming. Pembangunan SDM daerah dengan objek remaja menjadi skala prioritas pemerintah daerah sebagai wujud nyata untuk mempersiapkan negerasi muda yang kelak menjadi penerus dan penggerak pembangunan daerah.

"Untuk itu, pemerintah daerah melalui instansi tekhnis yang ada akan terus melakukan terobosan pembinaan dan pemberdayaan remaja sebagai langkah terencana kita untuk mempersiapkan generasi handal yang kelak akan memegang kendali tongkat estafet pembangunan daerah", kata Mardani.

Sejalan dengan pernyataan Bupati Mardani H. Maming, Kepala BKBP3A (Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak) Tanbu, Sri Yudawati, mengatakan, pembinaan dan pemberdayaan serta peningkatan kreatifitas remaja merupakan salah satu langkah awal pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan kualitas SDM daerah kedepan

Remaja kata dia, merupakan generasi penerus bangsa dan daerah. Dengan pola pembinaan yang sistematis, remaja nantinya diharapkan menjadi salah satu pendorong peningkatan kualitas kesejahteraan serta kehidupan sosial masyarakat.

Satu langkah konkrit yang telah ditempuh pihaknya dalam rangka mempersiapkan generasi remaja daerah yang berkualitas ungkap Sri, yakni dengan diikutsertakannya remaja daerah pada even lomba Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berlangsung pada 23 September 2012 yang lalu.

Pada even itu Tanbu yang diwakili oleh 13 siswa dan siswi yang terdiri dari, 8 siswa wakil dari SMAN 1 Sungai Loban, 2 siswa wakil dari SMKN 1 Sungai Loban, 1 orang siswa wakil dari Madrasah Syarif Ali Angsana, 1 orang siswa dari SMPN 2 Angsana, dan 1 orang siswa wakil dari SMPN 1 Angsana mampu meraih juara pertama sehingga berkesempatan untuk di ikutsertakan kembali pada even yang sama di tingkat nasional yang rencananya akan digelar pada 2013 mendatang.
    
Peserta lomba PIK sendiri papar Sri, meliputi wakil remaja dengan jenjang pendidikan tingkat SMP,SMA/sederajaj serta mahasiswa yang masih berada di semester awal.

Sedangkan kriteria kreatifitas remaja yang dilombakan pada even itu antara lain adalah kategori membuat Ye-Yel, kategori cerdas ceria, dan kategori penyuluhan.
    
Keberhasilan wakil Tanbu pada lomba PIK Tingkat Provinsi Kalsel itu tak lain sebagai salah satu bukti yang bisa dicatat daerah sebagai spirit dan motivasi untuk terus melakukan terobosan konstruktif dalam rangka melakukan pembangunan bidang pembinaan SDM dengan objek remaja.

Dengan pola pembinaan yang sudah terealisasikan dan memberikan hasil sebagai terbaik pertama di regional Kalsel itu, setidaknya dapat dijadikan sebagai media pembelajaran sekaligus media implementasi bagi remaja daerah terkait dengan bagaimana remaja memerankan diri dan ikut serta menjadi bagian penting dari proses pembangunan daerah.

"Secara umum materi lomba juga menyangkut bagaimana membangun sikap dan prilaku remaja yang ideal. Di mana remaja sebagai bagian masyarakat harus mampu memposisikan diri sebagai salah satu pendorong dinamika pembangunan daerah", ungkap Sri Yudawati.

Selain itu imbuh Sri, secara khusus pola pembinaan remaja dengan metode PIK itu diproyeksikan juga bagi upaya daerah dalam menekan terjadinya kasus prilaku negatif remaja, mulai dengan tindakan reaktif yang berlebihan terhadap gejala sosial, kenakalan remaja, penggunaan narkoba dan zat adiktif lainnya, pernikahan dini, serta orientasi negatif remaja lainnya.

Terkait dengan keberhasilan yang diraih wakil Tanbu dalam even PIK tingkat Provinsi Kalsel itu Camat Sungai Loban Suwignyo mengatakan sangat mengapresiasi dan menjadikan kemenangan tersebut sebagai motivasi bagi siswa dan siswi lain di Sungai Loban pada khususnya dan Tanbu pada umumnya untuk terus berkiprah secara positif.

"Sebagai salah satu pembina, kami dari unsur kecamatan sangat mengapresiasi dengan prestasi yang berhasil ditorehkan siswa dan siswi kita khususnya dari sekolah-sekolah yang ada di Sungai Loban, dan ini menjadi motivasi buat remaja lainnya di Tanbu, lebih khusus lagi di Kecamatan Sungai Loban untuk terus mengasah diri sehingga mampu berprestasi dalam berbagai bidang, baik bidang akademis maupun bidang non akademis ", kata Suwignyo. (Adv/relhum)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved