Home » » Dekranasda : Kerajinan Tangan Bordir perlu dikembangkan

Dekranasda : Kerajinan Tangan Bordir perlu dikembangkan

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 29 November 2012 | 10.44

BATULICIN - Peserta kerajinan bordir yang kerap mengikuti pelatihan dibawah binaan Dekranasda Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan benar-benar mampu menciptakan produk berkualitas yang layak dipasarkan.

Harapan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Dearah (Dekranasda) Kabupaten Tanbu, Hj Erwinda Mardani pada saat pelatihan peningkatan keterampilan dan wawasan perajin bordir di Kecamatan Kusan Hilir, Senin (26/11) kemarin.

"Pelatihan ini merupakan program rutin pemerintah daerah. Untuk itu semua peserta harus benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan belajar ini," kata Erwinda Mardani saat membuka pelatihan tersebut.

Erwinda berharap pelatihan bordir tidak hanya menjadi sebuah rutinitas program yang lewat begitu saja. Namun lebih dari itu peserta mau sungguh - sungguh mau mengembangkan bakat keterampilanya sehingga muncul bibit-bibit wira usahawan baru yang turut berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui usaha tersebut.

Upaya pelatihan dianggap sebagai wahana pemberian konsep dasar kepada seluruh peserta agar mampu menciptakan produk keterampilan tangan sesuai kebutuhan pasar.

Setidaknya melalui kualitas produk yang dihasilkan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal karena masyarakat tidak perlu repot lagi membeli hasil karya bordir ke daerah lain.

Berkat kerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindakop) organisasi Dekranasda Kabupaten Tanbu setidaknya kini memiliki empat unit mesin bordir untuk sarana pelatihan.

Peserta pelatihan berjumlah sekitar 20 orang lebih yang berasal dari sepuluh kecamatan di dearah tersebut. (relhum)


Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved