Home » » E-KTP Tanbu Realisasi 90 Persen

E-KTP Tanbu Realisasi 90 Persen

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 08 November 2012 | 10.36

BATULICIN - Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menjadi daerah di Provinsi Kalsel dengan progres pencapaian perekaman e-KTP tertinggi.

Setidaknya, terhitung sejak 1 November 2012 lalu, progres pencapaian perekaman e-KTP di Tanbu sudah mencapai sekitar 158.946 jiwa dari jumlah target wajib e-KTP yang ditetapkan pemerintah daerah sebesar 174.824 jiwa, atau sudah terealisasi sebesar 90 persen lebih.

Dengan capaian perekaman sebesar itu, bupati Tanbu Mardani H. Maming optimis target yang sudah ditetapkan pemerintah pusat akan terpenuhi. Apalagi sebut Mardani, dengan sisa waktu yang ada yakni hingga Desember 2012 mendatang sisa angka capaian hingga 100 persen itu pasti akan tercapai.

"Ini tentu menjadi progres positif buat kita semua, dan saya optimis target pemerintah pusat yakni pada Januari 2013 mendatang semua warga Tanah Bumbu yang wajib e-KTP sudah terekam datanya dapat terealisasi", tegas Mardani.
        
Dengan tercapainya target itu imbuh Mardani lagi, harapan pemerintah daerah agar semua warga Bumi Bersujud yang wajib e-KTP dapat terwujud, mengingat e-KTP sebagai piranti administrasi kependudukan , kedepan mempunyai beragam fungsi.

Sementara itu, terkait dengan capaian target tersebut, Kepala Dinas Kependudkan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Tanbu, Sartono mengungkapkan, Dirjen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Kemendagri menetapkan Tanbu sebagai kabupaten dengan pencapaian perekaman e-KTP tertinggi Kalsel.

Menurut Sartono, progres target perekaman e-KTP yang sudah dicapai pihaknya tersebut tidak terlepas dari peran serta dan kesadaran masyarakat dalam mendukung progran e-KTP yang menjadi program nasional.

Selain itu sebut dia, keberhasilan itu juga tidak terlepas dari kerja keras jajaran petugas yang ada di 10 kecamatan di Tanbu sebagai ujuk tombak pelayanan perekaman e-KTP.

Karenanya imbuh Sartono, pihanya sangat mengapresiasi capaian target yang sudah terealisasi hingga November 2012 ini.

Dari rekapitulasi data yang ada di Disdukcapil Tanbu, tercatat untuk Kecamatan Batulicin, dengan jumlah warga yang wajib e-KTP sebanyak 8.495 jiwa warga yang sudah terekam data kependudukannya mencapai 7.813 jiwa.

Di Kecamatan Kusan Hilir, dengan jumlah warga yang wajib e-KTP sebesar 33.124 jiwa pencapaianya sudah sekitar 26.325 jiwa, di Kecamatan Sungai Loban, dengan jumlah warga 14.482 jiwa terealisasi mencapai sudah sekitar 13.415 jiwa.
   
"Untuk Kecamatan Satui yang ditargetkan 27.322 jiwa pelaksanaanya sudah berkisar 21.468 jiwa, di Kecamatan Kusan Hulu, dengan target 12.763 jiwa terealisasi 11.646 jiwa, Kecamatan Angsana dengan target 10,514 jiwa realisanya justru  mencapai 11.514 jiwa", ungkap Sartono, kemarin.

Selanjutnya, Kecamatan Kuranji, dengan target perekaman e-KTP sebanyak 5.908 jiwa pencapaianya meningkat hingga 5.921 jiwa. Di Kecamatan Karang Bintang yang memiliki target 11.364 jiwa realisasinya mencapai 11.456 jiwa.
    
Kemudian, di Kecamatan Simpang Empat yang memiliki target 36.451 jiwa pencapaianya berkisar 35.691 jiwa, dan Kecamatan Mantewe yang memiliki target e-KTP sebanyak 14.401 jiwa realisasinya kini mecapai 13.701 jiwa.
    
Tingginya partisipasi warga itu papar Sartono, karena warga Bumi Bersujud sudah sangat paham besarnya manfaat dari kepemilikan e-KTP sebagai dampak positif dari sosialisasi yang sudah dilakukan pihaknya sebelum kegiatan perekaman e-KTP berlangsung, termasuk karena untuk perekaman atau pembuatan e-KTP ini gratis, sehingga warga tidak terbebani biaya.

"Warga sudah mulai paham dan sadar, bahwa manfaat e-KTP, selain berfungsi sebagai tanda pengenal atau identitas pribadi kedepanya juga dimanfaatkan untuk kelengkapan administrasi terkait administrasi perbankan, proses pembuatan pasport, bahkan melamar pekerjaan", ujar Sartono sembari menambahkan, target utama pemerintah melalui program e-KTP ini yakni sebagai langkah sistematis untuk menertibkan administrasi kependudukan secara nasional.(adv/relhum).       
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved