Home » » H. Tomy, Pimpin Gerakan Masyarakat Adat Kalimantan (GMAK)

H. Tomy, Pimpin Gerakan Masyarakat Adat Kalimantan (GMAK)

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 08 November 2012 | 13.08

Dibawah tangan santun H Tomy, Tokoh masyarakat yang juga pengusaha ternama di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, kini Gerakan Masyarakat Adat Kalimantan (GMAK) terbentuk tanggal 8 November 2012, dikediamannya dengan dihadiri Ratusan elemen masyarakat adat yang ada di Kalimantan. H. Tomy mengatakan dibentuknya Organisasi tersebut, adalah murni untuk mengayomi dan melindungi hak hak masyarakat kecil yang selama ini terintimidasi, dan terisolir. "Selama ini, mereka selalu dimarginalkan, tak ada yang mau mendengar suara dan jeritan mereka, untuk itu, GMAK siap dibelakangnya untuk memperjuangkan hak mereka" Ujar H. Tomy, yang disambangi di kediamannya, di jalan Batubenawa Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

Selama ini, GMAK telah membina 4 kepengurusan yang ada di Kabupaten, Sampit, Palangka, dan beberapa wilayah diProvensi Kalteng, terlebih di Tanah Bumbu. Dan akan terus membentuk pengurus yang ada di Kalimantan. Berdasarkan hasil rapat di kediaman H. Tomy, terbentuk Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten Tanah Bumbu yang dipegang oleh Amang Supian, sementara terpilih Untuk Jabatan Pimpinan sekaligus Pembina dan Pelindung GMAK Wilayah Provensi Kalimantan Selatan terpilih H. Tomy didampingi bersama Puluhan Unsur Kepengurusan GMAK Tanah Bumbu dan Kalimantan Selatan.

"Jadi, Gerakan moral untuk membela seluruh kepentingan Masyarakat. Akibat penegakan hukum yang selama ini tidak jelas. Belum lagi, selama ini masyarakat kecil banyak termarginalkan. Banyak suara suara mereka yang tak di dengar. Rencana Bulan Desember mendatang akan digelar deklarasi, Seluruh Wilayah Kalimantan, dan akan dihadiri ketua Dewan Pimpinan Pusat Herlambang, dengan lokasi yang dipilih Kabupaten Tanah Bumbu, dengan dihadiri oleh sederetan artis papan atas asal Jakarta" ujar H. Tomy.

Dari keterangan H. Tomy, saat ini telah terkumpul anggota sebanyak kurang lebih 2000 orang. Dengan beranggotakan seluruh perhimpunan masyarakat seluruh adat-adat yang ada di Indonesia, karena mana, di Tanah Bumbu merupakan miniaturnya Indonesia. "Insya Allah berkahnya kita harapkan, agar keberadaan GMAK bermanfaat untuk semua elemen masyarakat. Untuk itu, diharapkan semua pihak mendukung dengan keberadaan GMAK" beber H Tomy.

Sementara dipihak lain, Nanang Rusmani, Ketua Forum Komunikasi Wartawan Tanah Bumbu, mengaku menyambut baik dengan keberadaan GMAK. Dimana ia berharap agar GMAK mampu memberikan kontribusi pembangunan yang positif terhadap Tanah Bumbu, dengan membela segala hak hak masyarakat Tanah Bumbu. " Selama ini banyak organisasi terbentuk, tapi untuk kehadiran GMAK, kami berharap bisa memberikan warna lain di Tanah Bumbu" ujar Nanang Rusmani, saat ditemui terpisah, kemarin.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved