Home » » Tak Ada Kontribusi, Jalan Houling PT. Tia Bakal Di Tutup

Tak Ada Kontribusi, Jalan Houling PT. Tia Bakal Di Tutup

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 10 November 2012 | 12.52

Setelah "digoyang" pemilik lahan pertambangan PT. TUnas Inti Abadi (TIA), kini kembali dihadapkan dengan permasalahan baru. Tak tanggung tanggung, masyarakat sebamban baru, yang mengaku sebagai pemilik lahan yang digunakan PT.TIA sebagai jalan Houling, kini menggugat ganti rugi ataupun kontribusi (pee) lahan tersebut. Dari penuturan Kepala Desa Sebamban Baru, Ilmi Umar. Dari data yang ia pegang, lahan yang di klaim tersebut kurang lebih 27Km, dengan kepemilikan lebih dari 100 orang, dengan mengantongi alat bukti kepemilikan lahan.

"Ini sebelumnya sudah kita sampaikan kepada pihak perusahaan. Bahkan kita juga sudah melayangkan undangan rapat di desa. Namun oleh perusahaan tidak bisa menghadiri rapat tersebut, meskipun dari penuturan pimpinan perusahaan melalui surat tertulisnya mengakui jika selama ini pihaknya kelebihan jalan, yang digunakan sebagai houling" ujar Ilmi, saat ditemui di Sebamban Baru, Sabtu (10/11) kemarin.

Di tegaskan Ilmi, saat ini sejumlah perwakilan masyarakat sebamban pemilik lahan, sedang berupaya menemui para petinggi perusahaan PT.TIA di Jakarta. Diharapkan, dari pertemuan itu membuahkan hasil, sehingga tidak menyulitkan bagi warga untuk melakukan penutupan jalan Houling yang dimaksud. "Jika hari ini tidak ada keputusan, dalam arti kata apa yang diinginkan masyarakat tidak terpenuhi, berarti mau tidak mau, besok kita akan tutup jalan itu" tambah Ilmi, singkat.

Menurut Ilmi Umar, jalan hauling sepanjang puluhan kilometer itu sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan oleh masyarakat, dan juga oleh pihak perusahaan sejak Tahun 2005 hingga 2009. Kemudian dengan demikian masyarakat menghendaki pihak perusahaan memberikan kontribusi yang jelas dan telah diminta masyarakat besaran fee lahan senila Rp 2.000 permetrikton.

"Diperkirakan 100 orang warga pemilik lahan akan turun kelokasi dan menutup jalan hauling tersebut", ucap Ilmi.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved