Home » » 50 Kelompok Tani dan Nelayan Miskin Terima Bantuan  

50 Kelompok Tani dan Nelayan Miskin Terima Bantuan  

Written By Fokus Batulicin on Senin, 03 Desember 2012 | 12.08

BATULICIN – Sedikitnya sebanyak 50 kelompok tani dan nelayan miskin di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang terdiri dari 15 kelompok petani dan 35 kelompok nelayan mendapatkan bantuan dari Pemkab Tanbu.

Bantuan stimulan sebesar Rp. 25 Juta itu disalurkan pemerintah daerah tak lain diarahkan bagi program peningkatan kesejahteraan khususnya bagi kelompok tani dan nelayan yang diketahui anggotanya masih banyak yang berada di garis kemiskinan.
Melalui penyaluran bantuan yang dibagi menjadi dua tahap yakni tahap pertama sebesar Rp. 15 Juta, dan tahap kedua sebesar Rp. 10 Juta itu, pemerintah daerah berharap secara bertahap pula para anggota kelompok tani dan nelayan yang kondisi ekonominya masih serba kekurangan itu mampu ditingkatkan, sekaligus terberdayakan secara ekonomi.
"Penyaluran bantuan ini juga bagian yang terintegrasi dari program pemerintah daerah dengan objek pemberdayaan ekonomi kerakyatan, di mana fokus dari program bantuan ini adalah pemberdayaan kelompok petani dan nelayan di daerah yang mana kita ketahui anggota dari kelompok petani dan nelayan tersebut masih banyak yang hidup serba kekurangan atau masih berada di garis kemiskinan", sebut Bupati Tanbu Mardani H. Maming dalam sambutannya usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Selasa pekan lalu di Kantor Bupati.

Selain itu sebutnya, dengan disalurkannya bantuan tersebut, nantinya pemerintah daerah juga berharap akan memberikan dampak peningkatan dan pengembangan sektor pertanian dan perikanan di daerah.

"Kami berharap, bantuan itu bisa dimanfaatkan dengan benar dan sesuai kebutuhan pengembangan sektor atau objek unit usaha yang dikembangkan masing-masing kelompok, baik kelompok petani maupun kelompok nelayan", kata Mardani.
Agar penyaluran bantuan itu dapat berdaya dan berhasil guna secara maksimal, untuk pemanfaatan dan pengelolaannya papar Mardani lagi, pemerintah daerah akan melakukan pendampingan melalui dinas tekhnis yang membidangi pertanian dan perikanan dan kelautan.
Melalui pendampingan dan pembinaan dari instansi tekhnis pemerintah daerah itu setidaknya target capaian program dapat dirancang dan diformulasikan secara sistematis. Disamping itu para anggota kelompok petani dan nelayan yang menghadapi kendala pengembangan program akan mendapatkan pendampingan berupa bantuan penyuluhan dan pembinaan.
"Ini penting dilakukan sebagai upaya kita untuk mendorong pencapaian target program agar bisa maksimal, dan kesejahteraan petani dan nelayan penerima bantuan secara bertahap bisa meningkat", sebut Mardani lagi.
Dibagian lain ia mengungkapkan, guna untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian daerah, sekaligus pula untuk meningkatkan kesejahteraan petani, rencananya pata tahun anggaran 2013 mendatang pemerintah daerah akan menyalurkan bantuan hand tractor (traktor tangan) bagi kelompok petani di Bumi Bersujud.
Bantuan hand tractor itu nantinya akan disalurkan kesemua kelompok petani yang ada di Tanbu, di mana masing-masing kelompok tani akan mendapatkan satu unit hand tractor.
Pemerintah daerah ungkap Mardani, akan terus mengupayakan dan terus mendorong peningkatan produktifitas pertanian daerah yang salah satunya melalui penyaluran bantuan hand tractor tersebut.
Dengan bantuan sarana penunjang produktifitas sektor pertanian itu pula, diharapkan mampu menjadi stimulus peningkatan kesejahteraan petani di Bumi Bersujud yang tergabung dalam kelompok tani. (Adv.rel.hum)
Powered by Telkomsel BlackBerry®







Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved