Home » » Hindari Banjir, Rawat Selokan

Hindari Banjir, Rawat Selokan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 11 Desember 2012 | 07.56

Menciptakan lingkungan bersih dan sehat adalah hal yang mudah, jika semua orang mau peduli dengan memulainya dari lingkup terkecil, dari sekeliling rumah, kantor, lingkungan RT, Desa, Kecamatan, hingga Kabupaten. Syaratnya, kesadaran itu ditumbuhkembangkan sejak dini, tanpa merasakan bahwa hal itu adalah beban, melainkan tanggungjawab hidup. Tentunya hal itu ditunjang dengan sarana prasarana pendukung yang tepat guna dan tepat sasaran. Baik itu dari ketersediaan bak sampah, tempat pembuangan sampah sementara, tempat pembuangan sampah akhir, drainese, kanal, dan penghijauan lingkungan. Demikian diutarakan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, ditengah kesibukannya bersama Pasukan Kuning Dinas Kebersihan Tata Bangunan dan Pertamanan, serta Masrakat Kecamatan Simpang Empat dan juga unsur Muspika melakukan kegiatan bersih bersih selokan, pada hari Kamis, (8/11) kemarin.

Setelah memiliki selokan atau drainese, menurut Bupati, masyarakat harus menjaganya tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Dengan demikian tujuan akhir lingkungan bersih dan sehat itu benar benar tercapai, setidaknya banjir tak lagi menjadi momok. " Ini jangan sampai kita buatkan saluran, tapi tidak dijaga, sampah dibuang disitu, membangun rumah atau toko, selokan ditutup. Sama saja kita mengeluarkan uang banyak-banyak untuk membangun drainese, tapi percuma, karena tidak difungsikan dengan baik. Untuk itu saya berharap dengan masyarakat, jika sudah dibangunkan saluran air, tolong dijaga dengan baik baik" ujar Bupati Termuda di Indonesia ini.

Kegiatan pemantauan dan pembersihan selokan/parit di wilayah Kecamatan Simpang Empat itu adalah merupakan kawasan yang sering terjadi banjir diantaranya, Gg Fitrianor, Gg Hidayah, Gg PLN, Gg Pelita 1, Gg Pelita 2, Gg Pelita 3, Sungai Belanak, Gg. Gawi Sabumi serta sejumlah daerah lainnya.

Untuk kedepannya, dikatakan bupati, yang harus menjadi prioritas adalah dari hulu hingga ke hilir selokan menuju sungai, yakni dari kawasan Pelelangan Pendaratan Ikan (PPI) Gg. Fitrianor yang merupakan Hulu selokan karena berhadapan langsung dengan muara sungai Batulicin.

Saat ini, Pemerintah Daerah tengah menggelontorkan dana ratusan juta rupiah untuk membangun sepanjang 550 meter Drainese di Gg Hidayah dan sekitarnya. Setelah itu, dikatakan Roy Rizali Anwar selaku Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, akan dilanjutkan ke Gang Gang yang rawan banjir, secara bertahap. "Ini sesuai permintaan Pak Bupati, kalau tidak sempat dikerjakan tahun ini, kita akan lanjutkan pekerjaannya pada tahun mendatang" beber Roy, kemarin.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved