Home » » Tanbu Tanam 800 Pohon di Hutan Kota Batulicin.

Tanbu Tanam 800 Pohon di Hutan Kota Batulicin.

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 12 Desember 2012 | 09.59

Dalam rangka menggalakkan penanaman 1 Milyar Pohon bagi Negara Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Rabu (12/12) kemaren sedikitnya menanam 800 pohon untuk hutan kota Batulicin, di jalan poros Jalan raya Manggis Kelurahan Batulicin. Yang dilakukan secara serempak bersama sejumlah pihak, dengan di motori oleh Bupati Mardani H Maming, Wakil Bupati Difriadi Darjat, Kapolres, Dandim, Kajari, Kepala Badan, Kepala Dinas, serta PKK, Dharmawanita, Bhayangkari, Gatriwara, Pelajar, LSM, serta sejumlah perusahaan suasta di bidang pertambangan dan perkebunan.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan adapun jenis tanaman yang di tumbuhkembangkan dalam kegiatan ini merupakan tanaman endemik pulau kalimantan seperti kasturi, pulai belangiran, ulin, jabon, bengkirai, meranti merah dan putih, nyamplung serta tanaman buah lainnya.

"Untuk kegiatan penanaman 1M pohon dipenghujung 2012 ini, wajib dilaksanakan oleh perusahaan pemegang izin kawasan pinjam pakai kawasan hutan, melalui IPPKH. Untuk Tanah Bumbu sendiri pengadaan tanaman pohon tersendiri didatangkan dari BPTH Banjarbaru" ujar Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanbu Ir. Superiadi.

Sementara, untuk kawasan hutan kota yang dijadikan lokasi penanaman 800 pohon tersebut, mencapai luas sekitar 2 hektar, dengan badan hukum berupa SK Bupati No. 217 Tahun 2007. Sementara perencanaa kedepan, penetapan hutan kota lainnya juga bakal berada di gunung tinggi

Wakil Bupati Tanah Bumbu Difriadi Darjat, usai membacakan sambutan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, secara pribadi mengharapkan gerakan ini bisa diikuti oleh semua kalangan, dan dipelihara dari generasi ke generasi, guna menciptakan iklim yang sehat dan menyejukan bagi Kabupaten Bumi Bersujud.

Menteri Kehutanan RI Zulkipli Hasan dalam sambutan tertulisnya menegaskan, penanaman ini bertujuan merehabilitasi hutan dan kawasan yang sudah terdegredasi, atau kritis kemudian mengembalikan fungsi hutan, konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan CO2, serta dalam jangka panjang sebagai penyediaan pangan, sandang, energi dan ketersediaan air bawah tanah untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Dari data Dinas Kehutanan, jenis pohon yang ditanami di kawasan hutan kota tersebut diantaranya Mahoni 100 pohon, trambesi 50, meranti merah 150, ulin 50, nyatoh 50, Blangiran 30, Pulai 30, tembesu 30, nyamplung 25, Tengkawang 50, tarap 50, kasturi 50, rambai 50, Kapul 50, kelengkeng 50 pohon,
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved