Home » » 13 Bangunan Rumah dan Toko Ludes

13 Bangunan Rumah dan Toko Ludes

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 27 Januari 2013 | 04.52

Satu blok bangunan rumah dan toko di kawasan jalan raya Kampung Baru Rt 3 Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan ludes akibat diterjang amukan sijago merah sekitar pukul 20:44 wita Sabtu (26/1) malam kemarin.

Lambannya pemadam kebakaran disinyalir menjadi penyebab meluasnya kawasan yang terbakar, maklum menurut saksi mata ditempat kejadian. Api hanya memerlukan waktu kurang lebih setengah jam saja untuk merobohkan bangunan permukiman padat penduduk berkonstruksi kayu lapuk tersebut. Menurut sumber, api berasal dari arus pendek dari sebuah toko penjual bensin yang juga rental playstation di kawasan yang terbakar.

"Kurang lebih setengah jam pak..habis semuanya" ujar sumber yang juga merupakan korban kebakaran samping lapangan lima oktober itu, kepada wartawan.

Kepala desa Bersujud, Muzakkar saat berada di tempat kejadian perkara memperkirakan sedikitnya 13 unit rumah dan toko  dari 5 pemilik tersebut telah berubah menjadi abu dengan mengalami kerugian ditaksir mencapai milyaran rupiah. Beruntungnya dari kejadian itu tak ada merenggut korban jiwa. Di agendakan, besok pagi (Minggu.red) pihaknya bersama dengan instansi terkait akan langsung mendirikan posko bantuan kebakaran, guna mendata jumlah korban kebakaran lebih lanjut.

"Sementara itu dulu yang saya sampaikan, besok pagi kita akan langsung dirikan posko" ujar Muzakkar Kepala Desa Bersujud.

Saat ditemui dilokasi kejadian Anwar Salunjang Kepala (BNPB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana menerangkan, saat kejadian seperti ini pasukan pemadam kebakaran biasanya kesulitan untuk mencari dan mengisi air kedalam mobil pemadam. Selain kapasitas tanki yang kecil, jarak tempuh mengambil air juga menjadi faktor keterlambatan mobil pemadam tiba ditempat. Sehingga ketika air di tangki pemadam sudah habis dan terpaksa harus mengisi ulang, mobil mobil itu harus memerlukan waktu yang cukup lama. Belum lagi sumur sumur di dekat lokasi sulit dijangkau pemadam lantaran gang dan jarak antara rumah terlalu sempit, sehingga menyulitkan mobil pemadam untuk bisa menyedot langsung dari sumur warga.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved