Home » » 50 Meter Kawasan Simpang Empat Wajib Bebas Parkir

50 Meter Kawasan Simpang Empat Wajib Bebas Parkir

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 08 Januari 2013 | 10.47

Guna mencipatakan suasana aman, tertib, dan lancarnya arus lalu lintas di sepanjang ruas Jalan Raya Pelajau-Pelabuhan Speed dan Jalan Raya Batulicin menuju Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Pemerintah Kabupaten bekerjasama dengan Polres Tanah Bumbu, sejak awal Januari memberlakukan bebas parkir di sekitar persimpangan (simpang empat) sepanjang 50 meter. Hal ini diberlakukan pasca dibangunnya marka pemisah jalur di sepanjang jalan raya tersebut menjadi dua arah. Pemberlakuan bebas parkir di sepanjang jalan dari simpang empat itu akan disosialisasikan hingga tiga bulan kedepan, hingga bulan Maret 2013 mendatang.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Asep Taufik saat dikonfirmasi melalui Kasatlantas AKP Dydit S.Ik membenarkan tentang pemberlakuan kawasan bebas parkir 50 meter disepanjang ruas jalan Pelajau Simpang Empat serta Jalan Raya Batulicin Simpang Empat menuju Tungkaran Pangeran tersebut. Dari keterangan Dydit, penerapan sanksi bagi pelanggar yang dengan sengaja tidak mematuhi aturan itu bakal ditindak tegas setelah proses sosialisasi selesai dilaksanakan tiga bulan kedepan, tentunya setelah semua rambu terpasang pada kawasan bebas parkir itu.

"Ini bermula dari keinginan Bupati Tanah Bumbu, agar kawasan simpang empat bebas dari kemacetan serta kesemerautan. Sehingga bukan saja pedaang kaki lima yang menggunakan bahu jalan sebagai tempat mereka berjualan ikut ditertibkan,  keberadaan kendaraan roda empat maupun lebih yang kerap melakukan bongkar muat di sepanjang kawasan persimpangan itu juga turut ditertibkan. Dan itu baru memasuki tahap sosialisasi. Termasuk pemberlakuan penggunaan lampu hijau untuk jalur kiri dari Pelajau Menuju Tungkaran Pangeran juga ikut kita sosialisasikan dengan memasang eks banner atau baleha yang cukup besar, agar masyarakat mengetahui aturan lalulintas yang baru. Kedepannya setelah proses sosialisasi ini berlangsung kita baru memberlakukan sanksi" ucap Dydit saat ditemui diruang kerjanya kemaren.

Dari pantauan Wartawan, meski masa  sosialisasi sudah nyaris memasuki minggu ke dua di bulan Januari 2013 ini masih saja terlihat sejumlah pemilik kendaraan roda empat yang memarkir mobilnya se enaknya di depan pertokoan, ruko maupun tempat Ibadah yang berada di sekitar kawasan bebas parkir yang dimaksud. Tentunya hal ini membutuhkan kesadaran pemilik mobil untuk tidak memarkir kendaraannya itu disembarang tempat, sehingga terciptanya arus mobilisasi lalulintas yang aman, tertib dan lancar.

"Nantinya akan kita tempatkan juga petugas di sepanjang kawasan itu, ada yang melanggar langsung akan kita tilang" pungkas Kasatlantas mengakhiri wawancara.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved