Home » » Kapolda Siap Penjarakan Anggota Polri Terlibat Peti

Kapolda Siap Penjarakan Anggota Polri Terlibat Peti

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 10 Januari 2013 | 14.21

Tak alang kepalang, Kapolda Kalsel Taufik Ansorie berjanji siap amankan para oknum anggota Polri yang terlibat membekengi kegiatan Penambangan Tanpa Izin di wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan. Bahkan Kapolda tak segan segan bakal memenjaraklannya bila benar terbukti dan bukan hanya sebatas dugaan semata.  Hal ini diungkapkan Kapolda saat dicegat wartawan ketika mengunjungi Makopolres Tanah Bumbu (10/1) kemarin ketika usai meresmikan sejumlah perkantoran yang dibangun di lingkungan Polres.

Sebelumnya sempat mencuat kabar jika maraknya praktek ilegal minning di Kabupaten Tanah Bumbu lantaran adanya keterlibatan oknum anggota TNI dan Polri yang membekengi kegiatan tersebut. Salah seorang sumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan jika sebagian besar praktek ilegal minning yang marak terjadi di Wilayah Satui akibat adanya dukungan dari pihak aparat penegak hukum. Dengan cara dari system setor menyetor fee perbulan sebagai jaminan kerja satu bulan hingga dalam bentuk kontrak kerjasama lainnya.

"Ya tau sama tau lah. Kalau mau kerja kita bagi bagi juga buat petugas biar aman kerja." Beber sumber saat dikonfirmasi melalui telpon selularnya kemarin.

Untuk wilayah Kecamatan Satui terdapat 3 lokasi sebagai pusat kegiatan terbesar Pertambangan Tanpa Izin atau yang kerap disebut PETI. Diantaranya Perintis, 6unung Buyan dan juga Wilayah  PT.GMK. Dari ke tiga lokasi itu, belakangan PT GMK menjadi kawasan primadona kegiatan PETI yang sampai sekarang ini tak pernah sepi. Meski kerap dilakukan kegiatan penertiban di tempat tersebut namun tetap saja kegiatan penambangan batu bara di areal perkebunan kelapa sawit itu tetap saja marak.  Selain Kecamatan Satui, sentra kegiatan peti juga terdapat di wilayah kerja Arutmin di Kecamatan Simpang Empat.

Kapolda dalam Kesempatan yang sama mengatakan. Pihaknya tak pernah mengendorkan aturan yang ada. Bukan saja terhadap pelaku pertambangan tanpa izin saja namun juga terhadap oknum anggota Polri juga yang berdiri dibelakang kegiatan itu." Selama ini kita terus melakukan giat. Beberapa operasi penertiban ilegal  minning terus kita lancarkan baik kerjasama dengan pihak Mabes maupun anggota polres setempat. Sudah banyak yang kita amankan. Jika terbukti adanya anggota yang terlibat membekingi kegiatan PETI kita siap penjarakan. Polisi nakal tak sedkit yang kita penjarakan, kita copot jabatannya. Itu bisa di baca dikoran koran. Lihat di tv" terang Kapolda.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved