Home » » Mardani : Sikapi Perubahan Jabatan Secara Bijak dan Profesional

Mardani : Sikapi Perubahan Jabatan Secara Bijak dan Profesional

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 31 Januari 2013 | 14.02

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H.Maming mengatakan, setiap pejabat struktural dilingkup Pemkab Tanbu harus bisa bijak dan profesional dalam menyikapi adanya rotasi jabatan atau pelantikan pejabat struktural.
Sebab jika tidak kata Mardani, pejabat yang menempati posisi jabatan baru akan merasa sulit beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, dan ini bisa saja mengganggu kinerja SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) baru di mana pejabat bersangkutan ditempatkan.
"Ini jelas tidak sehat dan bisa mengganggu dinamika birokrasi. Dan dalam kondisi tertentu di SKPD tertentu, kondisi yang demikian akan mengganggu proses pelayanan publik", sebut Mardani usai melantik sedikitnya 91 orang pejabat struktural esselon II, III, dan IV, Senin (28/1) lalu di kantor Bupati Tanbu.
Dipaparkannya, rotasi jabatan struktural bagi pegawai negeri dilakukan secara berkala tak lain diarahkan bagi upaya menjawab tantangan dan dinamika birokrasi pemerintahan daerah. Langkah rotasi pejabat struktural itu juga diproyesikan bagi upaya-upaya regenerasi dan penyegaran organisasi birokrasi pemerintahan daerah.
"Secara faktual, proses pelantikan, mutasi, dan promosi jabatan harus kita dorong bersama dalam rangka untuk menciptakan iklim organisasi yang lebih kondusif dan dinamis. Namun begitu, proses yang dijalankan dalam penyusunan pejabat yang di mutasi atau dipromosikan tidak mengesampingkan kepentingan aspiratif dan norma-norma kepegawaian yang berlaku, juga alasan psikologis pejabat yang di mutasi atau di promosikan ke jenjang jabatan struktural yang lebih tinggi", ujar Bupati
Oleh sebab itu Bupati Mardani H. Maming berharap, pejabat yang mendapatkan mutasi jabatan baru harus bisa menghindari kreasi pemikiran negatif terkait penugasannya di SKPD atau unit kerja yang baru. Sebaliknya, proses mutasi harus dipandang sebagai wahana peningkatan kualitas kinerja dan profesionalisme pejabat sebagai pelayanan publik.
Proses pelantikan pejabat, beber bupati, sebelumnya pemerintah daerah melalui Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) sudah melakukan langkah evaluasi dan mengkaji rekam jejak pegawai yang akan di mutasi maupun mendapatkan kesempatan promosi jabatan, mempertimbangkan sisi kompetensi dan kualitas pegawai atau pejabat bersangkutan, hingga akhirnya Baperjakat menetapkan nama-nama pejabat yang akan dilantik.
"Harapan kita semua, melalui pertimbangan kualitas dan kompetensi para pejabat itu, proyeksi pelantikan pejabat struktural yang kita lakukan diharapkan akan memberikan dampak nyata bagi langkah percepatan proses pembangunan daerah yang pada gilirannya akan mampu mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik di Bumi Bersujud", imbuh Mardani seraya menambahkan, proses mutasi dan promosi jabatan bagi pejabat kedepanya akan dilengkapi dengan hasil penilaian indikator kinerja dari masing-masing pimpinan SKPD terkait.
Karenanya bupati berharap, pada tahun 2013 ini Tim Baperjakat harus segera membuat alat ukur kategori indikator pegawai sebagai bahan dan referensi pertimbangan penetapan pejabat yang memang layak dan memenuhi unsur-unsur kompetensi untuk menduduki jabatan tertentu.
Melalui mekanisme penilaian dengan melihat indikator kompetensi itu bupati Mardani mengharapkan pegawai-pegawai terbaik daerah akan tersaring, dan selanjutnya akan menjadi motor penggerak utama dinamika birokrasi di Pemkab Tanbu. Sebab, sebaik apapun kinerja pegawai kalau tidak diketahui oleh pimpinanya juga akan sia-sia.
Dan yang paling mendasar adalah pimpinan SKPD juga harus bersikap profesional dan objektif dalam menilai kinerja dan profesionalisme bawahannya. Karena jika tidak, hal ini akan menjadi penghambat jalannya proses dinamika kemajuan pembangunan daerah. Sebab pegawai yang dipromosikan justru bukan pegawai yang memiliki prestasi dan kinerja yang baik. (Adv/Relhum) .
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved