Home » » Puluhan Ribu Metrik Ton Batubara Ilegal Berhasil Diamankan

Puluhan Ribu Metrik Ton Batubara Ilegal Berhasil Diamankan

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 24 Januari 2013 | 16.41

Sebagai Daerah Penghasil Batubara terbesar di Kalimantan Selatan. Tanah Bumbu tak luput dari incaran pelaku bisnis gelap batu gelap tersebut. pemain bisnis gelap batubara ini bukan saja menggali di liang "lahat"batu tanpa izin semata, namun telah merambah hingga pemalsuan surat kirim barang untuk meloloskan batubara yang diperoleh secara ilegal tersebut. Untuk itu Polres Tanbu tidak hanya memburu pelaku yang sedang menggunakan alat berat ketika sedang menggali emas hitam tersebut, tapi juga mulai menyisir Pelabuhan Khusus yang diduga dijadikan tempat menyimpan batubara non document tersebut.

Hasilnya bisa dibilang cukup mencengangkan. Sejumlah perusahaan batubara ternama di wilayah Hukum Satui juga ternyata ikut memiliki batubara ilegal yang nantinya akan dibuatkan document resmi pengiriman barang. Diterangkan Kapolres Tanah Bumbu AKBP Asep Taufik melalui Kasubag Humas Polres AKP Ana Setiani, dalam beberapa hari ini Polres Tanah Bumbu melakukan Giat Ops Penertiban di sejumlah Pelsus, dan Puluhan Ribu Metrik Ton Batubara Ilegal pun ditemukan.

Giat Ops Peti yang langsung di geber jajaran Satreskrim Tanbu yang dipimpin langsung oleh AKP Ronaldo Maradona Siregar yang terjun ke Sungai Danau Satui pada Kamis, 24 Januari 2013 itu Tim yang sebelumnya melakukan giat di lokasi tambang kembali mengadakan pengecekan ke Pelabuhan Khusus (Pelsus) batubara khususnya untuk mengecek surat asal batubara dan surat kirimnya.

Dalam pengecekan surat kirim batubara (asal batu), Satreskrim pada jam 01.00 wit berhasil mengamankan 25 ribu MT batubara yang diduga hasil penambangan liar di Pelabuhan Khusus (Pelsus) PT Kamikawa Gawi Sabumi (PT.KGS). dan pada jam 03.15 wit juga mengamankan batubarasebanyak 50 ribuMT di Pelsus PT.Caler Batu Hirang (PT.CBH) yang dikontrak oleh PT. Borneo Energi Indobaradiwilayah Satui Barat.

Adapun untuk batubara yang diamankan di Pelsus PT KGS terdiri dari 2code, yaitu code BB dan MS. Batubara 25 ribu MT yang diamankan di Pelsus PT CBH adalah sisa dari hasil penongkangan karena sebelumnya pada Desember lalu telah ditongkangkan sebanyak 12 kali dan pada Januari ini telah berhasil ditongkangkan sebanyak 5 kali.

Menurut Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Asep Taufik melalui Kasubag Humas Pelres Tanbu, AKP Ana Setiani giat ops PETI ini adalah tindak lanjut dari operasi sebelumnya dan akan terus dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

"Sebelumnya kita sudah beberapa kali melakukan giat ops PETI kelokasi tambang namun tidak begitu mendapatkan hasil yang memuaskan dan giat ops ke Pelsus ini adalah tindak lanjut dari giat ops sebelumnya", jelasnya singkat.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved