Home » » Sungai Meluap, Pekapuran Kebanjiran

Sungai Meluap, Pekapuran Kebanjiran

Written By Fokus Batulicin on Senin, 14 Januari 2013 | 16.55

Dimusim penghujan serta angin kencang ini bukan saja berimbas pada meningkatnya kedalaman air laut dan ketinggian gelombang saja. Namun,  air sungai di Banjarmasinpun ikut meluap hingga beberapa pusat permukiman yang berada dekat di bibir sungai martapura itu ikut terendam. Meski tidak terlalu parah namun cukup menghambat segala aktifitas masyarakat di kawasan rawan banjir tersebut.

Minggu (13/1) kemarin, salah satu kawasan yang sempat terpantau media ini adalah  Pekapuran Rt 20 Rw 07 Banjarmasin Timur, yang merupakan daerah rawan banjir karena terletak tepat di bibir sungai pekapuran yang pada musim ini ikut meluap hingga membanjiri jalan dan permikman penduduk beberapa hari ini. Dari pantauan, sejumlah warga yang sedikit beruntung adalah mereka yang memiliki tempat tinggal lebih tinggi, mereka bisa terbebas dari musibah banjir ini. Akan tetapi bagi mereka yang bertempat tinggal cukup rendah, terpaksa mengamankan peralatan rumah tangga mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Sebut saja Acil Masnah, ia masih beruntung karena terbebas dari musibah "genangan air" tahunan ini lantaran tempat tinggalnya dibangun dengan pondasi yang lebih tinggi. Sementara tetangganya terpaksa harus mengamankan harta bendanya seperti tv, kulkas dan tilamnya ke tempat yang lebih aman. Lantaran air sempat merangsek kedalam rumahnya setinggi 20cm.

" sejak awal dibangun, memang sengaja ditinggikan. Tiang pondasinya kita tinggikan seukuran diatas lutut orang dewasa dari jalan di depan rumah. Supaya tidak terkena banjir, karena rumah kita dekat dengan bantaran sungai" ujar Acil.

Disepanjang bibir sungai, sudah terlihat rata rata  bagian dapur atau belakang rumah warga, sejak pukul 21:00 Wita malam itu,  sudah mulai terendam meski masih hanya dalam hitungan beberapa cm saja, namun bagi warga setempat tetap saja menghawatirkan. Warga berharap air sungai cepat turun di esok hari. Sehingga warga tidak lebih hawatir lagi terhadap musibah banjir yang lebih besar lagi, lantaran air sungai bertambah dalam dan semakin meluap.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved