Home » » Tingkatkan Pelayanan Terhadap Ibu Melahirkan

Tingkatkan Pelayanan Terhadap Ibu Melahirkan

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 23 Januari 2013 | 10.24

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu kini kembali berupaya meningkatkan pelayanan terhadap para ibu hamil yang ingin melahirkan sebagai tindak lanjut pelaksanaan program cesar gratis 2012.

Pelayanan ibu melahirkan tidak hanya diberikan berupa cesar gratis saja tetapi juga berupa jaminan pelayanan kesehatan bayi yang akan dilahirkan sejak masih dalam kandungan.

"Selama ini cesar gratis tampaknya belum mampu mengurangi angka kematian anak dan ibu melahirkan secara signifikan. Karena masyarakat masih banyak memanfaatkan jasa dukun kampung alias bidan tradisional untuk proses melahirkan," kata Bupati Tanah Bumbu,Mardani H Maming, pada saat peringatan Maulid Nabi 1434 Hijriyah, di Pondok Pesantren Insan Kamil, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, belum lama tadi.

Jaminan pelayanan kesehatan ibu dan anak yang akan diberikan oleh pemerintah, kata bupati, adalah berupa pemeriksaan maksimal empat kali secara berkala dan pemberian vitamin melalui tenaga bidan yang ada di daerah tersebut.

Lebih daripada itu anak yang baru dilahirkan juga akan diberikan imunisasi dan bagi ibu yang bersangkutan pasca kelahiran anaknya akan diwajibkan ikut program Keluarga Berencana (KB).

"Khususnya para ibu yang sudah melahirkan dua orang anak wajib ikut KB. Termasuk bagi yang terlanjur memiliki tiga anak atau bahkan lebih juga kami wajibkan KB guna mengurangi beban kebutuhan ekonomi keluarganya," tegas bupati.

Pihak pemerintah daerah, katanya, akan memberikan honor sebesar Rp 800 ribu bagi bidan yang melayani seorang ibu hamil sampai proses melahirkan di wilayah desa biasa dan sebesar Rp200 ribu untuk bidan kampung yang turut mendampinginya.

Sedangkan di daerah terpencil bidan akan diberikan honor sebesar Rp. 1 juta per satu orang ibu hamil sampai proses melahirkan dan honor Rp300 ribu bagi bidan kampung yang mendampinginya.

Sekarang pemerintah sudah mulai mendata jumlah secara keseluruhan bidan yang ada di masing-masing wilayah pemerintah desa. Salah satu syarat keluarga ingin mendapat pelayanan tersebut harus memilki e-KTP," katanya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved