Home » » Truck Batubara Masih Keliaran Di Jalan Raya

Truck Batubara Masih Keliaran Di Jalan Raya

Written By Fokus Batulicin on Senin, 07 Januari 2013 | 16.23

BATULICIN. Setiap hari puluhan truck pengangkut batubara masih saja dengan santai lalu lalang dijalan raya provensi yang terletak di ibu kota Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Meski berulang kali aparat penegak hukum melakukan penertiban terhadap truck pengangkut emas hitam tersebut. Namun efek jera dari pemberian sanksi kurungan 6 bulan penjara atau denda 50 juta akibat melanggar Perda Provensi No 3 Tahun 2008 itu seolah tak memberi bekas. Jika sudah begini yang hanya diperlukan bukan lagi sikap tegas petugas untuk melakan penertiban namun lebih kepada kesadaran dari masyarakatnya sendiri untuk tidak mengangkut hasil tambang dengan menggunakan jalan raya. Selain demi menjaga usia infrastruktur badan jalan juga demi memelihara lingkungan yang sehat, bebas polusi.

Menurut keterangan Kapolres Tanah Bumbu AKBP Asep Taufik melalui  AKP Dydit A.D S.Ik Kasatlantas Polres Tanbu di Tahun 2012 pihaknya bekerjasama sejumlah pihak terkait yang tergabung dalam Team Terpadu Pengawasan Perda itu sempat mengamankan sebanyak 63 truck pengangkut batubara dan sebanyak 8 unit truck pengangkut Tandan Buah Segar (TBS) sawit sebagai pembuktian kinerja aparat penegak hukum yang dengan tegas berpaya menertibkan para pelanggar Perda buah tangan Gubernur Rudy Arifin itu.

" kalau kita lihat dari pengamanan yang dilakukan angka tersebut pluktuatif jika dibandingkan dengan Tahun 2011 lalu. Dimana untuk penertiban truck pengangkut batubara terjadi peningkatan. Dari data yang ada di Tahun 2011 kita mengamankan 46 unit pengangkut hasil pertambangan. Sedangkan untuk pengangkut sawit kita mengamnkan sebanyak 35 unit" beber Kasatlantas.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk pemberian sanksi sepenuhnya dilakukan oleh Dinas Perhubungan, melalui proses penilangan terlebih dahulu. Sementara untuk pihak kepolisian hanya sebatas penindakan dilapangan. Kedepannya menurut keterangan AKP Dydit sesuai hasil rapat dengan pihak pemerintah provensi belum lama tadi direncanakan untuk Tahun 2013 mendatang akan disiapkan pos pengamanan terpadu Mobile. Yang akan ditempatkan di Kabupaten Tanah Bumbu dan juga Kabupaten Tanah Laut yang berfungsi meminimalisir angka pelanggaran Perda yang dimaksud.

Yang jadi pertanyaan sejumlah pihak, jika pihak aparat keamanan benar melakukan penindakan dengan tegas namun kenapa masih saja ada yang sengaja melanggar perda tersebut. Bahkan dengan terang terangan melakukan pelanggaran tersebut dalam jumlah yang tidak sedikit pada jam jam tertentu pada malam hari.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved