Home » » Ribuan Umat Muslim Padati Banua Anggrek

Ribuan Umat Muslim Padati Banua Anggrek

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 05 Februari 2013 | 21.57


Ribuan Umat Muslim dan Muslimah padati Komplek Banua Anggrek Batulicin guna menghadiri prosesi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (5/2) malam. Maulidurrasul yang digelar dilingkungan kediaman Habib Jaffar Bin Ahmad Al Iderus tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh ulama asal Balikpapan, Pulau Jawa dan Jakarta diantaranya Habib Yahya bin Muhdar Balikpapan, habib Zainal Abidin As Segaf, Habib Sholeh Al Idrus. Dandim Kotabaru Tanah Bumbu dan Kapolres Tanah Bumbu AKBP Asep Taufik  bersama sejumlah Kapolsek turut berhadir pada kegiatan itu .
Habib Sholeh Al Iderus dari atas mimbar, mengajak umat muslim untuk bisa mengerti hakikat pelaksanaan Maulid yang nyaris setiap tahun dilaksanakan. Bukan hanya mampu melaksanakan dalam bentuk seremonialnya saja, akan tetapi memaknai Maulidurrasul dan mengaplikasikan dalam kehidupan dan bertauhid kepada Tuhan Allah Ajawazalla. "Apa maknanya. Kenali Rasulullah, cintai dan ikuti segala perintahnya untuk senantiasa beribadah kepada Allah, serta mengaplikasikan wujud kecintaan terhadap Rasulullah dengan mentauladani segala tingkah lakunya"ucap Habib Sholeh sebagai penceramah pertama pada malam itu.
Al Habib Yahya Al Muhdar sebagai penceramah kedua, menyempatkan diri menitip pesan, bahwa peranan perempuan dalam pembangunan dan kehidupan manusia diperlukan peranan wanita. Hal itu dimulai dengan aturan yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah semasa hidupnya selalu memuliakan kaum wanita. Mengangkat harkat dan martabatnya kaum wanita serta meletakkan posisi wanita sama seperti kaum laki laki. "Dengan catatan tunduk kepada Allah dan patuh kepada Rasul" insya Allah, Allah memberikan jaminan untuk masuk syurga" ujarnya.
Sementara Habib Zainal Abidin Assegaf dalam fatwa singkat mengatakan saat kita ingin mencintai, maka kenalilah. Tanpa mengenalnya cinta itu laksana khayalan. Untuk itu, ia meminta semua yang hadir untuk mampu mengenal segala perangai Baginda Rasul melalui Al Quran dan Hadits dalam mematuhi segala perintah Allah dan menjauhi larangannya.
Sayid Jaffar selaku penyelenggara mengatakan, kegiatan maulid dikomplek itu merupakan agenda yang kesekian kali untuk setiap tahunnya. Untuk undangan ia perkirakan mencapai 5000 jemaah yang datang dari seluruh jemaah majlis yang ada di Tanah Bumbu dan Kotabaru. Dipenghujung acara, ribuan jemaah berkesempatan memperebutkan telur maulid yang di hias pada enam batang pelepah pisang. (Fadly)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved