Home » » Terjadi Era Konvergesi Media

Terjadi Era Konvergesi Media

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 08 Februari 2013 | 10.18

Terjadi Perubahan Tren Media setiap tahun. Tekhnologi berkembang sangat pesat. Perkembangannya pun selalu melalui fase fase tertentu. Jika sebelumnya orang menikmati media cetak dan tv sebagai media utama mereka untuk bisa menikmati informasi dan berita, seiring pergeseran tatanan dunia dan tingkat kesibukan manusia maka akses informasi online melalui website yang dapat dinikmati dimana dan kapan saja dengan ketersediaan jaringan Informatika diseluruh dunia.
Demikian disampaikan oleh Rony Sugiadha Managing Director Okezone.com saat hadir sebagai pembicara Konvensi Media Massa peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 8 Februari 2013 di Manado Sualwesi Utara. Konvergensi dalam lintas sejarah, dalam bidang komunikasi, konsep konvergensi ini sebenarnya bukanlah istilah baru. Konsep ini diyakini telah muncul sejak 1979 ketika Nicholas Negroponte berpendapat bahwa di abad 21, tiga industri yang terpisah pada waktu itu yaitu komputer penyiaran dan percetakan/penerbitan akan saling tumpang tindih menjadi satu.
Tidak bisa dipungkiri bahwa yang menghadapi peluang sekaligus tantangan cukup besar dengan adanya konvergensi teknologi komunikasi adalah bidang yang berkaitan dengan media dan komunikasi. Sementara tantangan wartawan lainnya di era konvergensi ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas sebagai seorang jurnalis mereka harus makin mengerti akan kemajuan tekhnologi dan bahkan bisa mengoperasikannya (sekarang ini disejumlah portal berita mulai dikenalkan dengan istilah Video Jurnalis/VJ untuk mengakomodir kemampuan website dalam menyajikan konten  audio-visual.
"kemampuan media dan wartawan dituntut untuk lebih mampu meningkatkan kemampuan dan profesionalnya untuk mengerti, memahami dan memanfaatkan IT dalam penyebaran informasi. Sebagai media kita tidak harus bertahan menjadi media dan jurnalis tradisional akan tetapi mampu menjadi komposisi yang baik antara media dan jurnalis menjadi media dan jurnalis modern" ucap Rony.
Sementara pembicara lainnya, Trias Kuncahyono lebih mengedepankan tentang pentingnya tugas dan fungsi jurnalis itu sendiri. Apapun media sebagai sarana penyampai informasinya tetapi tetap jurnalis memegang peranan penting. Meski saat ini kebutuhan informasi cepat sangat dibutuhkan, mau tidak mau media online atau kanal digital menjadi banyak pilihan. Tetapi kolaborasi jurnalisnya sangat diperlukan. "Wartawan harus mampu menjadi wartawan tradisional dan wartawan modern. Jadi ketika menyajikan informasi dalam bentuk "news papper" kita juga harus menyediakan kanal online untuk menyuguhkan jawaban tuntutan masyarakat. Akan tetapi segala unsur pemberitaan harus terus diperhatikan bukan saja mengedepankan kecepatan terbit saja akan tetapi kelengkapan data dan pengembangan faktanya juga bisa disajikan. Sehingga mampu memberikan peningkatan daya informasi kepada masyarakat, masyarakat akan cerdas saat Pers bermutu" ujar Awak Media Kompas yang satu ini. (Fadly)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved