Home » » Pencuri Batubara, Diamankan Pol Air Polres Tanbu

Pencuri Batubara, Diamankan Pol Air Polres Tanbu

Written By Fokus Batulicin on Senin, 11 Maret 2013 | 21.52


Jam 12.00 tanggal 10/3 petugas menerima informasi dari masyarakat agen (05:00) Melihat disamping ada dua kapal menempel di kapal tag boad  Pinancial 70,  korban pencurian batbara tengah laut, yang kemudian Lapor ke kantornya dan menginformasikan ke kantor Pol air Satui.
Dituturkan Kapolres Tanah Bumbu AKBP Asep Taufik melalui Kasat Pol Air Polres AKP Suparman, Setelah meluncur ke TKP laut Satui, ditemukan sebanyak 20 ton Batubara yang telah berhasil dicuri oleh kapal KM Anugerah 1 (Kapal kayu GT 7) dengan modus baru dengan cara mengambil batubara melalui membobol pengairan kapal yang berada di samping tongkang, kemudian mengangkutnya menggunakan sekop dan memindahkannya ke kapal Anugerah 1, saat loading di NV Ajalia. Seketika itu juga, kapal Anugerah bersama satu orang ABKnya langsung diamankan,  sementara satu kapal lainnya berhasil kabur  melarikan diri.
Penangkapan dilakukan oleh 3 orang anggota Sat Pol Air Polres Tanah Bumbu dengan dipimpin Briptu Eko. Yang saat itu berhasil diamankan 1 orang tersangka. Berikut batubara sebanyak 20 ton yang jika dinominalkan mencapai Rp 5juta rupiah. Sementara 3 orang pelaku lainnya berhasil kabur dengan cara  lompat menceburkan diri ke dalam air. Saat berita ini diturunkan, seluruh barang bukti berupa sejumlah sekop dan batubara serta kapal kayu yang digunakan melakukan tindak kejahatan itu, kini telah diamankan di pos Pol Air Satui, sementara satu orang tersangka atas nama Sahabuding (30) diamankan di Mako Pol Air Polres Tanah Bumbu.
Sahabuding (30), nahkoda Anugerah yang juga warga satui. Yang merupakan salah seorang tersangka yang kini  mendekam di Mako Pol Air, mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencurian itu, itupun dirinya setelah beberapa kali mendapat bujukan dari teman seprofesinya, dan sialnya, aksi pertama kalinya itu justru membawanya berurusan ke Kantor Polisi. Namun, saat ditanya kemana hasil curiannya itu ia bawa, Sahabuding dengan lugu mengatakan Batubara itu ia jual ke Pelabuhan PT. Pelindo Satui dengan harga sekitar Rp 60.000/ton.
"Kita jual ke Pelindo Pak, uangnya dibagi bagi sama ABK Lainnya" ujar Sahabudding saat ditanya wartawan.
Selain berhasil menangkap KM. Anugerah 1, Pol Air Polres Tanbu juga berhasil sebelumnya mengamankan kapal KM Bintang Mas yang juga melakukan tindak pidana pencurian batubara di perairan Satui pada Hari minggu 3 maret jam 13.00, siang.
Di beberkan, saat angota Satpol Air Polres Tanah Bumbu Kalimantan Selatan melakukan patroli di perairan satui, dengan dipimpin Brigader muhlis, sesampai di Tambatan Sungai Satui dicurigai satu kapal arah berlawanan. Melihat. Keberadaan anggota yang tengah razia, dan melihat kawanan ABK  bergelagat lain yang sepertinya hendak berniat melarikan diri, langsung dicegat oleh anggota Pol Air.
Pelaku pencurian di atas Kapal Tagboat Comet 2 KM Bintang mas diantaranya  Ardi Daeng Sita, Bin Samsudin Daeng Bulu,  Jasman Daeng Sialan bin Daeng Antang, laso Daeng lempo Bin Baco Daeng Roa Alm.
Upaya pihak kepolisian Resort Tanah Bumbu untuk meminimalisir tingkat pencurian batubara di tengah laut ini.Polres menyebarkan no kontak anggota Pol Air kepada armada Tongkang dan  Tagboad. Maksudnya, jika terjadi tindak pidana di atas kapal dapat segera melaporkan kejadian tersebut agar bisa segera di tangani. Kemudian oleh Binmas Pol Air juga mengeluarkan himbauan mengenai perlunya kelengkapan surat surat izin menggunakan kapal di Perairan Tanah Bumbu. Serta memberikan peringatan untuk terus ekstra berhati hati terutama pada jalur titik rawan. Titik pulau tampakan, satui sama muara Pagatan. (Fadly)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved