Home » » 20 Milyar Untuk Penataan Jalan Raya Kawasan Perkotaan

20 Milyar Untuk Penataan Jalan Raya Kawasan Perkotaan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 21 Mei 2013 | 10.25

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: fadlybatulicin@gmail.com
Date: Tue, 21 May 2013 00:40:49
To: <fokusbatulicin@terbit.com>
Reply-To: fadlybatulicin@gmail.com
Subject: 20 Milyar Untuk Penataan Jalan Raya Kawasan Perkotaan

Dinilai perlu dan sangat dibutuhkan bagi kelancaran arus lalulintas serta juga untuk penanggulangan bencana banjir di sejumlah kawasan permukiman di seputar lingkungan perkotaan di Pusat Kabupaten Tanah Bumbu, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, di Tahun Anggaran Perubahan 2013 ini mengalokasikan dana Penataan Kawasan Perkotaan dengan melakukan peningkatan kualitas jalan Provensi, Pelebaran, pembangunan drainese dan trotoar jalan.
Penataan kawasan perkotaan ini, dilakukan dari Jembatan Tanah Merah Kecamatan Batulicin hingga Simpang Tiga Pelabuhan Samudera Kecamatan Simpang Empat. Kemudian dari Kawasan Kapet Pelajau menuju Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat. Saat ini jalan raya Batulicin bersetatus Jalan Provensi yang terletak tepat di sepanjang jalan Simpang Tiga Ferry Batulicin sampai dengan Desa Tanah Merah telah dilakukan pelebaran tahap awal, dari pengerasan sampai dengan pengaspalan, yang setidaknya telah menelan dana sekitar 2 Milyar Rupiah. Dengan pelaksana Kontrak CV. Batung Perdana dengan dukungan alat dari PT. BKW.
Roy Rijali Anwar S.T selaku sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Tanah Bumbu menjelaskan, proyek itu direncanakan bakal dikerjakan secara menyeluruh baik dari Simpang Empat Kompi atau sekitar Kawasan Kapet Kecamatan Simpang Empat hingga menuju Desa Tanah Merah Kecamatan Batulicin, bakal disiapkan anggaran APBD Kabupaten Tanah Bumbu sedikitnya sekitar Rp. 20 Milyar Rupiah dengan system Multy Years.
"Insya Allah September atau Okober tahun ini sudah kita lelang" ujar Roy.
Dikatakan Roy, jalan raya Batulicin dan Jalan Raya Simpang Empat tingkat mobilisasi arus transportasi sudah semakin meningkat, sehingga ruas jalan yang ada dinilai sudah semakin sempit. Hal ini tentunya dikarenakan dari laju pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat untuk kebutuhan alat transportasi darat semakin baik. Akibatnya, jumlah kendaraan bermotor di Batulicin setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.
"Ini efek positif dari sebuah kabupaten yang terus bergerak lebih baik. Peningkatan perekonomian yang baik juga berimbas terhadap peningkatan gaya hidup masyarakatnya. Sehingga hal ini mengharuskan bagi pemerintah daerah untuk memperhatikan infrastruktur pendukungnya. Oleh karena itu, penataan kawasan perkotaan saat ini dinilai perlu untuk dilakukan" papar Roy.
Selain fokus melakukan peningkatan kualitas badan jalan raya provensi, pemerintah daerah Kabupaten Bumi Bersujud juga tengah melakukan persiapan pembenahan ruas jalan lingkungan kecamatan dan desa juga terus dilakukan. Pembenahan itu akan dilakukan juga dengan sistem multy years dari tahun 2013 ini dan bakal dilanjutkkan untuk tahun tahun ke berikutnya. Diantaranya Jalan Kepayang-Binawara sepanjang 15 Km dengan dana pagu anggaran disiapkan senilai Rp 12 Milyar lebih. Kemudian jalan Karang BIntang Desa 4 menuju Desa Pacakan sepanjang 6 Km dengan pagu sekitar Rp 12 Milyar lebih serta jalan Desa Betung Kecamatan Kusan Hilir menuju Desa Ringkit sepanjang 20Km dengan dana Rp 30 Milyar lebih.
Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam beberapa pertemuan mengatakan, sebagai bagian dari visi dan misinya sebagai Bupati Tanah Bumbu, pembangunan jalan dan infrastruktur fisik dari pedesaan dan perkotaan adalah yang utama, selain pendidikan dan kesehatan. Sehingga di periode pertama kepemimpinannya ini difokuskan pada perbaikan seluruh infrastruktur tersebut. Dimana hal itu bakal memberikan efek positif terhadap iklim infestasi di pedesaan. Baik sektor perkebunan pertanian peternakan maupun perdagangan.
"Kalau jalan sudah baik semua, hasil pertanian yang dihasilkan dari pedesaan untuk dijual ke perkotaan, juga mudah dilakukan. Infestasi di pedesaan akan terus meningkat, penghidupan masyarakat juga pada umumnya akan kita harapkan terus mengalami peningkatan" ujar Bupati Tanbu. (Fadly)
Powered by Telkomsel BlackBerry®






Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved