Home » » Pesona Wisata Air Terjun Simpang Empat

Pesona Wisata Air Terjun Simpang Empat

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 21 Mei 2013 | 11.34

Tidak terlalu jauh dari kawasan perkotaan, membuat tempat wisata ini mudah dijangkau. Namun demikian, tak banyak masyarakat setempat yang mengetahui keberadaan Air Terjun Gunung Kukusan di desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu ini.
Maklum, setelah ditemukan di Tahun 2011 silam, Air terjun yang masuk dalam areal Jhonlin Agro ini hingga kini masih terus dilakukan perbaikan dan peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana pendukung di tempat itu. Diantaranya pengerasan jalan menuju kelokasi air terjun, pembangunan gajebo, tempat santai, serambi dan ruang ganti, wc umum dan lain lain. Juga pengelola tempat ini terus melakukan pembenahan ruas jalan disekitar air terjun yang acap kali mengalami longsor dimusim penghujan ini. Bahkan, akhir pekan kemarin, satu unit bulldosser diturunkan untuk meratakan tanah dan batu yang amblas terkikis air.
"Saat ini kami juga akan membenahi beberapa gorong gorong untuk menormalisasi arus buang air dari pegunungan sehingga tidak mengikis badan jalan yang sudah dikeraskan" ujar salah seorang petugas kepada media ini Minggu (12/5) kemarin.
Jika harus digambarkan dengan tulisan, tak lengkap rasanya jika belum melangkahkan kaki ke tempat ini. Susasa sejuk, asri dan menenangkan adalah kesan pertama begitu. Meski sebelumnya, untuk menuju kelokasi ini harus beberapa kali meraungkan kenalpot motor berban rimba. Maklum untuk ketempat eksotis ini masih belum bisa dijangkau dengan motor atau mobil biasa. Jika menggunakan motor, minimal harus menggunakan motor bersfesifikasi offroad, begitu juga jika harus menggunakan mobil seyogyanya menggunakan yang bersfesifikasi untuk medan semi offroad.
Kenapa? Hal ini lantaran medan yang ditempuh adalah berbatu, menanjak di sisi perbukitan, dan sesekali harus berjibaku dengan lumpur. Namun jika terpaksa menggunakan mobil atau motor "rumahan" pengunjung pun tetap bisa mencapai puncak perjalanan di kaki air terjun. Caranya, begitu sampai di bawah bukit, dan tidak memungkinkan untuk menaikinya, ini pertanda sudah mendekati akhir perjalanan, dan andapun dipastikan sudah mendengar gemericik air yang menghempas bebatuan di bawahnya.
Jangan ragu, tinggalkan mobil maupun motor anda, jangan lupa letakkan pada posisi amankan agar. Sekembalinya anda bersantai di kolam air terjun anda bisa kembali ke rumah dengan selamat. Tetapi tak harus kuatir dari segi keselamatan keamanan dan kenyamanan ditempat ini. Jika anda telah mengamankan barang bawaan terlebih dahulu, selain itu petugas security Jhonlin Agro juga selalu standbye di pos penjagaan di portal pintu masuk tidak jauh dari puncak air terjun.
Pada posisi di bawah kaki air terjun, kita sudah bisa mencapainya dengan berjalan kaki, sambil menghirup sejuknya udara di tempat ini. Suara burung, dan daun yang ditiup angin di puncak pepohonan, pemandangan pegunungan dari puncak Gunung Kukusan bisa mengobati rasa penat dibadan. Belum lagi, pemandangan eksotis air terjunnya, dipastikan tak kalah lebih mumpuni menghilangkan rasa jenuh setelah berkutat dengan pekerjaan selama satu pekan. (Fadly)
Powered by Telkomsel BlackBerry®




Share this article :

+ komentar + 2 komentar

17 Agustus 2016 17.17

alhamdullilah,,,kotabaru dan batulicin terus berbenah dan berkembang....teriring doa untuk segenap unsur yg terlibat dalam pembangunan kota tsb sehat dan sukses selalu.

salam
Ahmad Yani
www.borneosolarcell.blogspot.com
>>>pusat listrik tenaga matahari terbesar di kalsel-teng<<<
mobile.0811-5121-599

23 Oktober 2016 06.52

Apakah di buka buat umum?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved