Home » » ADVERTORIAL Pemkab Gelar Pemutakhiran Data Aset Bergerak

ADVERTORIAL Pemkab Gelar Pemutakhiran Data Aset Bergerak

Written By Fokus Batulicin on Senin, 17 Juni 2013 | 17.24





BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Bagian Umum dan Perlengkapan (Umkap) Setda menggelar kegiatan pemutakhiran data aset bergerak.

Aset bergerak yang didata ulang itu meliputi kendaraan roda dua, empat dan roda enam tahun pembelian 2003 hingga tahun 2013.

Menurut Bupati Tanbu Mardani H. Maming, dengan dilakukannya pendataan ulang aset daerah itu pemerintah daerah berharap akan ada sinkronisasi antara jumlah data secara tertulis dengan jumlah fisik aset.

Selain itu sebutnya, melalui kegiatan itu sekaligus pula dilakukan pendataan terkait kelengkapan dokumen dan kondisi fisik aset bergerak tersebut.

"Ini penting dilakukan. Tak hanya terkait dengan komitmen kita untuk mendapatkan opini WTP dari BPK, tapi lebih dari itu, kita berharap penatausahaan dan pengelolaan aset daerah yang dimiliki Pemkab Tanah Bumbu dapat dikelola dengan baik sesuai amanat dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku", tegas Mardani.

Dibagian lain Kepala Bagian Umkap Setda Rooswandi Salem memaparkan, sebagai bagian penting dari upaya pengelolaan aset daerah yang baik pihaknya senantiasa pembantu pengelola aset kabupaten yang ada disemua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan unit kerja di Sekretariat Daerah (Setda).

"Seperti kita ketahui bersama, pengelola barang dari aset daerah adalah Sekretaris Daerah, karenanya sebagai wujud keseriusan pemerintah daerah Pak Sekda mengambil langkah cepat dalam rangka melakukan inventarisasi aset daerah, dan itu terefresentasikan melalui upaya yang saat ini tengah kami lakukan", ujar Andi sapaan Rooswandi Salem.

Langkah yang dilakukan pihaknya imbuh Andi, juga sebagai tindaklanjut dari tuntutan peraturan pemerintah dan terkait dengan tugas pokok dan fungsi Bagian Umkap dalam rangka pengelolaan aset daerah yang dinamis, sehat dan tertib andministrasi.

Apalagi, sejauh ini pengelolaan aset daerah telah bertahun-tahun menjadi momok yang selalu menjadikan hasil pemeriksaan BPK yang berakhir dengan opini Pengecualian.

"Disamping itu, komitmen untuk menertibkan administrasi dan pengelolaan aset daerah itu sudah menjadi komitmen Bapak Bupati kita sejak beliau mulai menjabat. Dimana beliau mengarahkan agar kita fokus dalam melakukan perbaikan menyeluruh terhadap pengelolaan aset pemerintah daerah", papar Andi lagi seraya menambahkan, dengan beragam langkah perbaikan itu Pemkab Tanbu bermomitmen mampu mendapatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualiaan) dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

Dari kegiatan pemutakhiran data aset yang sudah dilakukan Bagian Umkap, tercatat kendaraan roda dua sebanyak 1.070 unit, roda empat sebanyak 192 unit, dan roda enam sebanyak 27 unit. Dari keseluruhan aset bergerak itu, kondisinya sangat bervariasi mulai baik, rusak ringan hingga rusak berat.

Untuk diketahui, kegiatan pemutakhiran data aset bergerak itu juga bersamaan dengan kegiatan tim BPK RI yang tengah melakukan pemeriksaan terhadap LKPD Tanbu tahun 2012. Dimana salah satu objek pemeriksaan BPK yakni terkait aset bergerak milik Pemkab Tanbu, salah satunya kendaraan opersional roda dua  yang diberikan Pemkab kepada seluruh Kepala Desa pada tahun 2004 yang lalu. (Adv/Relhum)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved