Home » » Bantu Masyarakat Miskin, Kodim-Pemkab Tanbu Siap Bedah Rumah

Bantu Masyarakat Miskin, Kodim-Pemkab Tanbu Siap Bedah Rumah

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 18 Juni 2013 | 16.19

Pertengahan Tahun 2013 ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bakal bekerjasama dengan Kodim 1004 Tanah Bumbu Kotabaru meluncurkan program bedah rumah bagi masyarakat tidak mampu yang sampai sekarang masih banyak memiliki tempat tinggal yang dikategorikan layak huni, di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.
Selasa (18/6) kemarin, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengundan Dandim Kotabaru Tanah Bumbu, Letkol Inf. Bayu, bersama Seluruh Danramilnya yang bertugas di wilayah teritorial Kabupaten Bumi bersujud, untuk membicarakan rencana pergerakkan program yang dimaksud. Rapat internal Kodim-Pemkab Tanbu itu digelar di aula rapat ruang Kantor Bupati Tanbu di Gunung Tinggi.
Di perkirakan, sedikitnya 200 unit rumah bakal di jaring dan dimasukkan dalam program bedah rumah, yang perencanaan Anggarannya melalui APBD Kab. Tanbu. Dimana dalam pelaksanaannya program tersebut akan digarap oleh personil TNI dan Pemerintah daerah setempat. Jika tidak ada aral, program bedah rumah ini bakal dilaksanakan pada bulan Juli 2013 mendatang.
"Ini baru akan kita rapatkan, semua yang berwenang terlibat dalam hal ini kita panggil, karena ini kerjasama dengan TNI, maka mereka juga kita undang, Pak Bupati juga secara langsung mengundang Pak Dandim untuk membicarakan hal ini. Bahkan juga para Camat, Danramil, serta dinas terkait kita ajak rapat" ujar Sekda, sedikit membocorkan terkait rencana tersebut.
Selain menggunakan anggaran dari Pemerintah Kabupaten, program bedah rumah bersumber APBN juga bakal segera dilaksanakan. Dari mata anggaran APBN, sedikitnya 250 unit rumah masuk dalam perencanaan dan pendataan program itu. Hanya saja saat ini masih dalam tahap seleksi, sehingga total anggaran. Keseluruhan belum bisa dipastikan, nominalnya. Namun yang pasti, ujar Sekda, untuk anggaran APBN dipatok untuk program bedah rumah, perlu dilihat dari tingkat kerusakan dan besar platform anggaran yang dibutuhkan. Untuk kerusakan ringan, dianggarkan sebesar Rp 7,5 Juta, sementara paling parah senilai Rp 15. Juta rupiah.
Dandim KTB-Tanbu, Letkol Inf Bayu kepada Fokus Batulicin. Com mengatakan, kegiatan ini juga sekaligus merupakan kerjasama antara TNI dengan Masyarakat melalui kegiatan Program karya bakti ini. Dimana ia berharap dengan adanya program semacam ini bisa membantu mengurangi beban penderitaan rakyat terutama bagi mereka yang tergolong tidak mampu, dan bertempat tinggal di daerah yang tergolong sebagai desa pedalaman.
"Diharapkan masyarakat lainnya juga bisa ikut membantu masyarakat yang tidak mampu dengan ikut peran serta bersama TNI-Pemkab membangun rumah yang tidak layak huni bagi masyarakat yang tergolong tidak mampu. Selain itu, kemudian rencana ada kegiatan pencanangan karya bhakti sekala besar yang akan dilaksanakan di wilayah Tanah Bumbu Tangggal 19-20 Agustus 2013 yang rencana bakal dibuka oleh KSAD yang melibatkan 3000 orang" beber Dandim.
Sementara Bupati Tanah Bumbu menyampaikan. Kegiatan ini merupakan kegiatan setiap tahun terencana oleh Pemerintah Daerah. Dimana, dari kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mengurangi jumlah permukiman penduduk yang tidak layak huni, menjadi layak huni. Tentunya rumah yang akan dibedah harus memiliki kriteria yang mencukupi, sehingga selaras dengan tujuan mulia pembangunan daerah.
" Insya Allah dalam waktu dekat, kegiatan itu akan kita luncurkan", ucapnya singkat. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®






Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved