Home » » BKBP3A Tanbu Sosialisasikan UU No 23 Tahun 2004

BKBP3A Tanbu Sosialisasikan UU No 23 Tahun 2004

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 27 Juni 2013 | 10.10

BKBP3A Tanbu Sosialisasikan UU No 23 Tahun 2004
BATULICIN – Berawal dari upaya untuk mencegah serta menghapuskan segala bentuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) serta melindungi kaum perempuan dan anak dari KDRT maka Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Tanbu menggelar Sosialisasi Undang -Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Rabu (19/6) bertempat di Hotel Hill Mar Batulicin.
Sosialisasi yang bertujuan untuk mencegah segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga tersebut mendapat sambutan hangat dari para peserta sosialisasi. Hal tersebut terlihat dari tingkat kehadiran para peserta atau undangan yang dibagikan sebanyak 100 orang dihadiri oleh semua undangan.

Selain itu, pada sesi tanya jawab yang diberikan oleh nara sumber Nurhikmah, SH MH dari Pusat Studi Gender Stimi Banjarmasin tentang penyampaian substansi UU No 23 Tahun 2004 dan implementasinya, mendapat apresisasi dari peserta dengan  begitu antusias bertanya seputar KDRT. Kabid Pemberdayaan Perempuan pada BKBP3A Tanbu, Normawati, yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan dasar hukum dari dIlaksanakannya Sosialisasi UU No 23 Tahun 2004 yaitu UU no 7 Tahun 1984 Ratifikasimkonfensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan dan UU No 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Adapun para peserta terdiri dari perangkat Kelurahan dan Desa hingga RT serta masyarakat sebanyak 100 orang peserta dengan materi yang disampaikan yaitu penyampaian substansi UU No 23 Tahun 2004 dari Pusat Studi Gender Stimi Banjarmasin dan Proses Hukum Pengaduan Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang disampaikan oleh PPA Polres Tanah Bumbu.

Melalui kegiatan ini, Noormawati, berharap  agar dapat membuka wawasan dan pengetahuan masyarakat untuk dapat mencegah semua tindakan kekerasan dalam rumah tangga.
Kepala BKBP3A Tanbu, Sri Yudawati, mengatakan hal yang lebih memprihatinkan dalam KDRT adalah sebagian besar korbannya merupakan kaum perempuan yang  berasal dari berbagai kalangan dan lintas status sosial dengan faktor penyebab KDRT salah satunya karena kurangnya pemahaman perempuan tentang hak-hak mereka dalam sebuah perkawinan.

Melalui Sosialisasi ini, menurut Sri Yudawati diharapkan dapat menghapus tindak KDRT  dan juga masyarakat dapat mengetahui proses hukum pengaduan tindak kekerasan dalam rumah tangga.
Untuk saat ini, ujar Sri Yudawati, di Tanah Bumbu sudah terbentuk Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).  Dalam perannya memberikan pelayanan terhadap korban-korban kekerasan dalam rumah tangga dapat terwujud, P2TP2A Tanbu juga melakukan kemitraan dengan beberapa sektor terkait Dinas Kesehatan Tanbu, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tanbu,  Polres Tanbu, dan Kecamatan se- Tanbu.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Tanbu, Andi Hasdar, saat membuka Sosialisasi mengatakan dengan dilaksanakannya sosialisasi tersebut diharapkan mampu mencegah terjadinya tindak kekerasan dalam rumah tangga serta memiliki pemahaman yang baik termasuk dalam aspek psikologis korban. Maka penanganan korban dalam kekerasan dalam rumah tangga dapat dilaksanakan dengan optimal dengan mempertimbangkan kepentingan dan kebutuhan korban.

Sebagaimana diketahui, KDRT tidak lagi menjadi urusan suami isteri yang bersangkutan atau urusan keluarga tersebut namun juga menjadi urusan publik, kerabat keluarga, dan masyarakat dapat ikut serta melakukan pencegahan dan pengawasan agar kekerasan dalam keluarga dapat dihindari. Oleh karenanya, ujar Andi Hasdar, sosialisasi tersebut penting untuk dilaksanakan sebagai upaya untuk menyamakan persepsi antara pemerintah dan masyarakat terutama dalam upaya penegakan dan kesadaran hukum masyarakat akan perundang-undangan tentang penghapusan KDRT. (DD)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved