Home » » DAD Kecamatan Satui Dilantik

DAD Kecamatan Satui Dilantik

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 15 Juni 2013 | 18.19

Bertempat di gedung serba guna Sungai Danau Kecamatan Satui, sejumlah pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Sabtu 15 Juni 2013 resmi dilantik. Pelantikan itu ditandai dengan penyematan Pin DAD serta dibacakannya surat keputusan DAD Kalsel serta penyampaian tugas dan fungsi pokok DAD Satui, oleh Ketua DAD Tanah Bumbu, Mundut.

Terpilih, dan menjabat sebagai Ketua Badriansyah, wakil I Isra Sahadan, wakil II Johanes Jonet, Sekretaris Misransyah, wakil Sekretaris Dendy Artha, Bendahara Endang, dan wakil Bendahara Renawati, berikut sejumlah pengurus lainnya.

Dalam sambutannya Ketua DAD Tanbu, Mundut mengatakan, tujuan dibentuknya DAD Kecamatan ini guna mempererat silaturrahmi, tukar informasi, dan memajukan kehidupan masyarakat dayak di Daerah terutama melalui tingkat kecamatan. Kemudian Dalam rangka membebaskan diri dari kemiskinan, keterbelakangan dan keterisoliran, wadah ini diyakini dapat berfungsi sebagai wadah komunikasi koordinasi dalam menyatukan tekat membangun dan menampung aspirasi masyarakat adat.

" Saya perlu ingatkan, Tugas, DAD yang paling utama adalah mempersatukan masyarakat dayak, agar mampu mendorong karakter pembangunan bangsa, mengatasi meredam segala macam konflik sosial ekonomi, dan lingkungan menurut hukum adat dan nasional. Memperluas lapangan pekerjaan, pendidikan ekonomi sosial maupun lainnya" ujar Mundut dalam sambutannya.

Dalam acara tersebut, juga disuguhkan beragam tarian yang menggambarkan kebersamaan dan kebhinekaan budaya yang ada di Indonesia. Melalui Tarian nyang kudagawi, (mempersatu semua alam semua manusia dengan kehidupannya dimanapun dia berdiri. Dan untuk menolak segala bala tentang hidupnya), suguhan sanggar seni tamiang mirra putut Bartim, Kalimantan Tengah dan tarian burung enggangg dari Kalimantan Timur yang turut tampilkan di acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga di hadiri sejumlah Anggota DPRD Tanbu Dapil Satui Unsur Muspika Baik Camat Satui, Danramil, dan Kapolsek setempat. Kemudian juga diihadiri oleh komunitas dayak manyan Barito Timur, Kalteng, rombongan Ketua DAD Tanah Laut Abdul Kadir bersama rombongan, serta masyarakat adat dayak Kalimantan Selatan yang ada di Tanah Bumbu khususnya Satui.

Eryanto Rais SH selaku pembina dan penasehat DAD Kecamatan Satui yang juga merupakan Camat Satui mengharapkan, dengan terbentuknya DAD Satui mampu menampung aspirasi masyarakat adat dayak, melalui koordinasi, koordinasi dan mampu menjalankan program dengan baik, sehingga manfaat keberadaannya mampu menciptakan suasana kondusif, aman dan mensejahterakan.

"Dengan terbentuknya ini, kita mampu turut serta bekerjasama pemerintah dalam menciptakan situasi kondusif aman dan sejahtera di kecamatan Satui," ujar Eryanto Rais. (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved