Home » » Sawah, Areal Pemancingan Geratis

Sawah, Areal Pemancingan Geratis

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 12 Juni 2013 | 06.40

Di lahan sawah warga desa segumbang,Api api, Pakatelu, sampai mudalang dan sejumlah desa lainya di kecamatan kusan hilir kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), sebenarny tidak hanya memberikan hasil berupa tanaman padi bagi masyarakat desa setempat dan tanah bumbu saja , namun hamparan sawah yang luas yang ditanami padi dan telah menguning siap dipanen, juga memberikan hasil lain berupa ikan yang banyak, yang ada disetiap petak lahan tersebut.
Tak heran jika padi mulai besar dan siap dipanen, sawah yang menghasill kan padi ribuan ton untuk wilayah kabupaten tanah bumbu ini, kerap di datangi banyak warga simpang empat, batulicin juga warga desa sekitar untuk memancing. Memang jika di ukur banyak nya ikan di setiap petak sawah tidak selau sama, akan tetapi, ada juga yang banyak jumlahnya, serta lumayan besar ukuran nya, sehingga ketertarikan inilah mengundang bayak warga memancing dilahan tersebut.
Di akui ikan ikan yang ada di lahan sawah ini lebih sedikit jenisnya namun ikan yang ada adalah ikan kegemaran warga tanah bumbu umumnya seperti ikan pepuyu dan ikan haruan, karena itu warga mendatangi untuk memancing ikan di sawah sawah tersebut. Biasanya hari hari libur lahan lahan ini banyak didatangi, mereka datang bisa per orangan bisa juga berkawan dan berkelompok.
Fadli salah satu warga simpang empat komplek perumahan Sampurna menceritakan, ia menuturkan hampir setiap pekan antara sabtu dan minggu selalu datang kesawah sawah itu. Kedatanganya ujarnya lengkap dengan peralatan pancing untuk memancing di lahan sawah di desa pakatellu. " Saya hampir setiap minggu memancing disini, lahanya banyak sekali ikan nya, karena itu saya selau memancing kesawah meskipun tidak selalu ditempat yang sama saya datangi, tapi pada dasarnya jarang absen kalu sudah musimnya memancing ", ujar Fadli.
Menurut Fadli, selama ia punya hobi memancing, tidak hanya satu dua tempat saja yang ia datangai, tetapi sudah bayak dan ikan nya juga beda rasanya katanya. Selama ini lanjutnya ikan sawah memang lebih enak rasanya karena ikan sawah makan bunga padi dan buh padi yang jatuh yang dimakan ikan ikan itu. Karena makananya padi maka rasa daging nya pun enak. "Ikan dari danau dan ikan dari sawah jauh lebih lejat daging ikan sawah rasanya, karena ikan sawah makanya bunga dan buh padi, sedangkan ikan asal danau makan nya sembarang", tambahya.
Senada dengan fadli Samiyono warga pagatan juga mengemukan, saat dari musim tanam hingga panen, sawah sawah warga di sejumla desa di kecamatan kusan hilir selalu ramai. Ramainya mereka ini ujar Yono bukan lantaran ikut serta memanen, melainkan ramainya mereka itu karena banyak warga yang memancing dimusim tanam hinga saat memanen. "Wah kalau sudah musimnya seperti sekarang ini, di sisi jalan saja banyak yang memancing, karena antara sawah dan jalan ditengahnya ada salauaran, disaluran itu juga banyak ikan nya, dan ikan nya lumayan besar", beber Yono
Alahasil, sawah menjadi salah satu alternatif pilihan lokasi pemancingan geratis, santai dan primadona bagi mancing mania Papuyu dan Haruan. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved