Home » » Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pengolahan Hasil Perikanan

Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pengolahan Hasil Perikanan

Written By Fokus Batulicin on Senin, 24 Juni 2013 | 12.49

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkopdan UKM) Tanbu terus berupaya meningkatkan kesejahteraan keluarga di Bumi Bersujud. Salah satunya melalui berbagai pelatihan-pelatihan untuk masyarakat.
Belum lama tadi, Disperindagkop dan UKM Tanbu bekerjasama dengan TP PKK Kab. Tanbu, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa melaksanakan pelatihan pengolahan hasil perikanan.
Kasi Bina Produksi Disperindagkop dan UKM Tanbu, Fitriyanto mengatakan salah satu upaya dari pemkab tanbu untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yaitu dengan pelatihan. Salah satunya yang baru saja dilaksanakan yaitu pelatihan pengolahan hasil perikanan seperti pelatihan membuat kerupuk ikan dan pelatihan membuat bakso ikan.
Tujuan  dilaksanakannya pelatihan pengolahan hasil perikanan tersebut yaitu dalam rangka memberdayakan sumberdaya alam yang ada di Tanbu khususnya pada sektor perikanan, meningkatkan keterampilan pengolahan hasil perikanan, menumbuhkan Industri Kecil Menegah baru, serta menciptakan wira usaha baru di Tanah Bumbu. Sedangkan sasaran peserta yaitu ibu rumah tangga dan  remaja produktif yang belum mempunyai pekerjaan.
Sementara itu, Ketua PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani, mengatakan  besarnya potensi hasil laut khususnya di kawasan pesisir diharapkan mampu memberi peluang lapangan kerja baru berupa industri kecil berbasis kerakyatan yang menangani hasil tangkapan ikan.
Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, ujar Erwinda terus melakukan langkah-langkah strategis melalui berbagai program-program  yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bumi bersujud.
"Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu langkah serius dari Pemkab Tanbu untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya kesejahteraan keluarga,"  sebut Hj. Erwinda.
Terkait pelaksanaan pelatihan membuat kerupuk ikan dan bakso ikan, Disperindagkop dan UKM Tanbu menarget sebanyak 30 orang peserta. Namun karena berminatnya masyarakat untuk mengikuti pelatihan tersebut, maka para peserta pun melebihi dari target yang ditentukan.
Adapun para peserta pelatihan yaitu warga Desa Sungai Loban, Desa Sari Mulya, Desa Sungai Dua Laut, dan Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban.
Sedangkan narasumber yaitu Siti Mastoyah pengrajin kerupuk ikan dari Pagatan Kecamatan Kusan Hilir. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Gedung Desa Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban.
Pada pelatihan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga menyerahkan bantuan untuk kelompok pengolah hasil perikanan yang mengikuti pelatihan berupa kompor, panci, dendang, dan pisau. (Dd)
Powered by Telkomsel BlackBerry®








Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved