Home » » Warga Pertanyakan Kepindahan Pohon Jalan Raya

Warga Pertanyakan Kepindahan Pohon Jalan Raya

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 08 Juni 2013 | 15.17

Sejumlah warga pertanyakan kepindahan pohon berukuran besar yang menancap di pinggiran jalan raya Batulicin, dan kemudian di tanam kembali di lingkungan perkantoran salah satu perusahaan suasta di KM 1 Kec. Simpang Empat.

Terlihat, sejak sepekan yang lalu, aktifitas pembongkaran pohon pohon besar itu dilakukan dengan cara mengeruk dan memotong akar pohon dan kemudian mengangkutnya dengan menggunakan eksa vator berukuran kecil. Sejumlah tenaga kerja lainnya, sibuk membungkus akar pohon menggunakan karung, dan kemudian mengangkutnya ke dalam truk.

Kegiatan bongkar muat pohon yang konon ditanam oleh dinas Tata Kota dan pertamanan Tanah bumbu itu, menjadi perhatian publik, terutama bagi mereka yang dulunya merasa nyaman dari keteduhan pohon pohon berdaun rindang di depan rumahnya itu. Sebut saja Ihay (30) pemilik bengkel dibilangan jalan raya batulicin ini, mengakui ketika pepohonan itu masih tertancap didepan bengkelnya, suasana teduh dan rindang selalu ia rasakan, meskipun pada saat siang hari. Namun kini, setelah pohon Tram Besi yang tertanam itu "raib", suasana panas, gerah menyengat sungguh terasa.

Pengakuan tak jauh berbeda juga datang dari Rizal (38) warga batulicin yang ikut menyayangkan, pencabutan pohon pohon yang seluruhnya berasal dari kawasan penghijauan jalan raya batulicin itu. Bahkan, menurutnya, jikapun nanti akan dilakukan pelebaran jalan, seyogyanya pohon pohon itu tidak diambil alih, melainkan ditanam kembali seusai pelebaran jalan, bukan dipindahkan begitu saja ke lokasi pihak suasta, yang meskipun tetap saja bertujuan untuk menghijauan jalan raya di Tanah Bumbu, seperti yang kini di tanam kembali di lokasi KM 1.

Terkait hal itu, sayangnya, kepala dinas Tata Bangunan dan Pertamanan Tanah Bumbu, Hamaludin, tidak bisa ditemui. Bahkan saat dikonfirmasi lewat pesawat telponnya, tidak bersedia memberikan keterangan. Bahkan, dari nada di ujung telponnya menyebutkan, jika saat ini telpon selularnya itu, tidak aktif. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved