Home » » 246 Motor Terjaring 2 Hari Ops Patuh Intan Batulicin

246 Motor Terjaring 2 Hari Ops Patuh Intan Batulicin

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 12 Juli 2013 | 21.00

fokusbatulicin.com - Setelah Kamis (11/7) lalu, Polres Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Unit Kepolisian Lalulintas setempat berhasil menjaring kendaraan bermotor sebanyak 150 unit dalam Giat Patuh Intan 2013, kini di hari kedua, Jumat (12/7) mendapat tambahan lagi dari hasil operasi yang berlangsung di dua tempat yakni di depan halaman Polsek Simpang Empat yang berlokasi di Jalan Transmigrasi Pelajau dan juga di depan Pos Pol Pasar Minggu Jalan Provinsi.

Ops Patuh Intan yang langsung di lakukan oleh Petugas Polisi Lalulintas Polres Tanah Bumbu, di kedua tempat yang digencarkan tersebut dilaksanakan dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 08.30 wita. Hanya dengan waktu satu jam, aparat kepolisian berhasil menjaring 96 kendaraaan bermotor roda dua dan roda empat.

Kegiatan itu sendiri, bertujuan demi menciptakan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya berlalu lintas. Kepolisian Resort Tanah Bumbu berupaya terus menggencarkan operasi Patuh Intan kepada para pengendara yang ada diwilayah Tanah Bumbu. Dimana dari kegiatan yang dilakukan Satuan lalu lintas Polres Tanahbumbu yang dipimpin langsung oleh Iptu Denny Catur itu, selain berhasil menjaring ratusan kendaraan, pihaknya juga langsung memberikan himbauan secara lisan kepada pengendara untuk melengkapi surat surat dan perlengkapan keselamatan dalam berkendara, baik itu dari sekedar menggunakan kaca spion, lampu rehting, dan juga menggunakan Helm Standart (SNI).

" Meski kita dalam giat ini melakukan pengamanan (tindakan), tetapi kita juga tetap memberikan himbauan kepada pengguna kendaraan bermotor. Agar, selain memberikan efek jera, juga sekaligus mendidik mereka untuk patuh terhadap peraturan berlalu lintas. Semua itu bukan semata mata untuk kepentingan orang lain, tapi justru untuk pengendara sendiri. Dengan patuh, keselamatan pengendara, dan pengguna jalan lainnya dapat juga terjaga.", beber Kapolres Tanah Bumbu AKBP Asep Taufik, melalui Kasatlantas Polres Tanbu AKP Deny Catur, kepada fokusbatulicin.com, seraya menambahkan dimana opreasi tersebut dilakukan serentak oleh jajaran Polri baik yang bertugas di Polres, maupun Polda diseluruh Indonesia.

Dari pantauan, saat operasi tersebut berlangsung, dari kejauhan terlihat banyak pengendara yang berbalik arah karena ketakutan melihat banyak polisi lalu lintas yang menggunakan baret berwarna biru putih itu. "Kali ini kita melakukan razia Opersi Patuh ditempat yang berbeda dari kemarin, dari dua tempat ini kembali ditemukan banyak pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat setempat," terang Denny.

Untuk razia hari ini (12/7) juga terjaring kendaraan roda 4 sebanyak 12 unit. Dari 12 unit tersebut terpaksa diamankan lantaran surat menyuratnya dalam keadaan mati. Selain itu, kelengkapan dalam berkendara juga kurang sehingga dilakukan penilangan. Dalam razia tersebut secara rutin digencarakan agar semua pengendara taat pada aturan lalu lintas. Karena tujuan operasi patuh tersebut dilaksanakan agar semua masyarakat sadar tentang pentingnya peraturan barlalu lintas di jalan raya, sesuai perundang undangan yang berlaku.

"Selain itu, razia tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir tingkat kecelakaan. Dimana saat ini, sering terjadi kecelakaan karena kurangnya kesadaran berlalu lintas dan dianggap remeh. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut guna menciptakan situasi keamanan,keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas apalagi saat Ramadan. Ini karena kesadaran berlalu lintas kurang dan dianggap remeh, padahal untuk dirinya sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kita sebagai aparat kepolisian hanya ikut membantu dan mengimbau agar semuanya taat pada aturan lalu lintas yang berlaku," Kata Kasatlantas, yang juga mantan Kapolsek Simpang Empat Tanah Bumbu ini.

Dikatakan Denny, kegiatan Operasi Patuh sudah dilaksanakan selama beberap hari dari 4 Juli sampai dengan nanti 17 Juli 2013. Sampai sekarang sudah ratusan yang berhasil terjaring dalam razia tersebut. "Untuk kendaraan yang ditilang bisa diambil setelah disidangkan. Dan kita berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa menjadi pelopor keselamatan,"terang perwira ini. (Yat)

Powered by fokusbatulicin.com®




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved