Home » » ADVERTORIAL : Jelang Ramadhan, BAT Bersihkan Masjid Jami Pagatan

ADVERTORIAL : Jelang Ramadhan, BAT Bersihkan Masjid Jami Pagatan

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 07 Juli 2013 | 14.02

Fokusbatulicin.com - Menjelang datangnya bulan suci ramadhan 1434 Hijriah, Bupati Adventure Team (BAT) menggelar kegiatan sosial membersihkan Masjid Jami Pagatan. Kecamatan Kusan Hilir, Minggu (6/6) kemarin.

Menurut Ketua BAT yang juga Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming, kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan pihaknya dengan membersihkan Masjid Jami Pagatan adalah dalam rangka memperkokoh jalinan silaturahmi kepada masyarakat dan untuk meningkatkan kepedulian sosial komunitas trail yang ada di Bumi Bersujud kepada masyarakat.
Kegiatan bhakti sosial itu sekaligus pula sebagai bagian penting  dari kiprah sosial para trail mania Tanah Bumbu kepada masyarakat.

"Karena hakikatnya aktifitas olah raga trail adventure yang kami geluti tak semata-mata untuk penyaluran hobi atau olah raga saja, tapi ada esensi lain yang harus kami jadikan pegangan, yakni menjadi bagian penting dalam mengakomodir aspirasi masyarakat, termasuk mengimplementasikan kegiatan bhakti sosial seperti yang saat ini kita laksanakan", sebut Mardani disela-sela kegiatan.

Sejauh ini ungkap Mardani, pecinta olah raga trail adventure yang tergabung dalam komunitas trail Tanah Bumbu telah berkontribusi terhadap aspirasi yang berkembang di masyarakat khususnya yang ada di wilayah perdesaan. Wujud nyatanya tambahnya, ketika pihaknya melakukan touring kesejumlah rute, diupayakan memilih rute-rute khusus di wilayah-wilayah desa terpencil yang jauh dari akses pelayanan publik.
Dari situ, kegiatan touring  yang juga melibatkan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis akan menjaring dan menyerap aspirasi masyarakat setempat, sekaligus pula kemudian menganalisa masalah untuk dicarikan solusi pemecahannya.

Seperti diungkapkan Sekretaris BAT Rooswandi Salem. Sejauh ini dari kegiatan touring yang digelar pecinta trail adventure Tanbu terbukti telah mampu menyerap aspirasi publik khususnya yang ada di wilayah perdesaan. Mulai dari aspirasi terkait pembangunan dan peningkatan kualitas jalan desa, kebutuhan tenaga medis dan bidan desa, pendataan anak usia sekalolah serta sejumlah permasalahan krusial masyarakat diharapkan bisa ditindaklanjuti pemerintah daerah.

"Melalui kegiatan touring, pak bupati dan jajaran dinas teknis terkait bisa melihat secara langsung kondisi masyarakat khususnya yang jauh dari akses pelayanan publik", ujar Andi sapaan akrab Rooswandi Salem yang juga Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan. Selanjutnya sambung Andi, secara khusus bupati Mardani H. Maming akan meminta kepada instansi teknis daerah untuk menindaklanjutinya dengan program penanganan masalah, melalui mekanisme penganggaran dan perencanaan program pembangunan perdesaan. 
"Dari catatan yang ada, sejumlah permasalahan masyarakat sudah dijawab pemerintah daerah sesuai arahan bapak bupati. Diantaranya, pembanguanan ruas jalan baru yang menghubungkan antara Kecamatan Batulicin dengan Kecamatan Kusan Hulu sepanjang tujuh belas kilo meter melalui program TMMD. Sebelumnya akses utama penghubung dua kecamatan tersebut harus melalui Kecamatan Karang Bintang sejauh dua puluh enam kilo meter", kata Andi.

Selanjutnya, program peningkatan kualitas jalan desa, pendataan anak usia sekolah yang tidak bersekolah, penempatan bidan desa, pembangunan sarana dan prasarana publik perdesaan, serta sejumlah pembangunan wilayah perdesaan lainnya. Namun program paling esensial yang ditangani adalah pembangunan insfrastruktur jalan desa, pembangunan dan peningkatan kualitas ruas penghubung antar desa, dan antar desa dengan pusat kecamatan. Sekadar diketahui, kegiatan bhakti sosial dengan membersihkan masjid Jami Pagatan yang digelar BAT tersebut juga diikuti warga setempat serta didukung personil Dinas Tata Bangunan dan Kebersihan Tanbu. Sebelumnya, para raider trail itu berkumpul di kediaman bupati Mardani H. Maming di Jalan Manggis Batulicin, dan bertolak ke Pagatan Kecamatan Kusan Hilir sekitar pukul 09.00 wita. (Adv/Relhum)


Powered by fokusbatulicim.com











Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved