Home » » ARUS MUDIK- Dharma Lautan Siapkan Jalur Khusus Buat Bayi dan Manula

ARUS MUDIK- Dharma Lautan Siapkan Jalur Khusus Buat Bayi dan Manula

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 30 Juli 2013 | 13.28

Pemberlakuan Tarif Progresif yang diberlakukan sejak 5 tahun lalu sampai dengan sekarang oleh
PT. Dharma Lautan Utama perusahaan suasta yang bergerak di bidang pelayaran, dirasakan sangat bermanfaat bagi penumpang kapal laut di Batulicin. Dimana, dari pemberlakuan tarif tersebut, mampu menekan lonjakan penumpang mendekati H-7 lebaran sampai dengan H-3 lebaran setiap tahun.

Menurut penuturan Anton Wahyudi Pimpinan Babang PT.Dharma Lautan Utama Batulicin saat ditemui www.fokusbatulicin.com di tempat kerjanya kemarin, jika di tahun tahun sebelumnya lonjakan penumpang sampai berakibat pada membludaknya kapasitas muatan kapal, karena harus dipaksakan agar bisa diberangkatkan ke daerah tujuan sesuai dengan jadwal pemberangkatan, karena harga tiket sama dari awal ramadhan hingga mendekati lebaran. Namun dengan pemberlakuan tarif progressif tersebut, jumlah penumpang dapat dikendalikan.

"Yang pasti tahun ini kita sangat dibantu dengan masa liburan sekolah..dengan seperti ini banyak warga yang sudah berangkat liburan lebih awal. Jadi yang mudik mendekati lebaran ini, paling mereka yang bersetatus sebagai pekerja saja. Sehingga penumpang tidak terlalu berjubel" ujar Anton kepada fokusbatulicin.com.

Untuk bulan ini, Lonjakan penumpang justru telah terjadi diawal puasa ramadhan, terutama di saat H-20. Di tahap ini harga tiket dijual lebih murah dibanding dengan dari harga normal biasa. Harga tersebut, seiring mendekati hari H lebaran, akan menjadi sedikit mahal.

Di jelaskan Anton lebih lanjut, harga tiket pada tanggal 9-14 juli dibawah normal berkisar 200 ribu rupiah, kemudian pada tanggal 15-24 naik 40 ribu rupiah menjadi 240 ribu rupiah, selanjutnya
Pada tanggal 25 juli sampai dengan 2 Agustus 2013 tiket kapal laut dijual dengan harga 270.000 rupiah, dan harga tertinggi dilepas pada tanggal 3-6 Agustus Rp 280.000, kembali normal setelah tanggal 7-10 Agustus 2013 mendatang.

"Biasanya tahun sebelum pemberlakuan tarif progressif ini, pada H-7, H-5 terjadi penumpukkan penumpang hingga mencapai 5000 sampai 6000 penumpang untuk satu tangga, tapi sekarang cuma berkisar antar 1000 sampai 1100 orang saja, kita normalkan" katanya, lagi.

Jika dibandingkan hari biasa penjualan tiket di bulan mudik seperti ini, terjadi peningkatan antara 25 sd 30 persen. Mengantisipasi ledakan penumpang ini, pihak Dharma Lautan Utama Batulicin menambah jadwal keberangkatan kapal, serta jumlah armada. Jik Biasanya 1 minggu 2 kali pemberangkatan, sekarang per2 hari sekali pemberangkatan dengan tujuan Batulicin-Surabaya. Armada yang disiapkan diantaranya KM Kirana, KM Kirana 9 dan KM Dharma Kencana. Sementara untuk tujuan Batulicin - Makasar menggunaka KM Dharma ferry 3, setiap hari Sabtu seminggu 1 kali.

Untuk Tahun ini pihak Dharma Lautan Utama, Khusus untuk lebaran, menyiapkan terminal khusus bagi penumpang manula, bayi dan ibu hamil. Di tenda khusus itu, petugas Dharma lautan juga membagikan mainan penghibur bagi penumpang kapal usia balita dan anak anak, seperti balon dan mainan lainnya. Itu dilakukan sejak awal bulan ramadhan lalu. Kemudian pelayanan di ruang kapal bagi anak anak, bayi dan ibu ibu, manula diberikan ruang khusus, yang dekat dengan air bersih, air hangat, kemudian dekat dengan ruang informasi.

Salah seorang penumpang yang mengaku akan berangkat ke Lombok melalui pulau jawa M. Nasir (29), dan Istrinya Haryati (25), yang bekerja di Sungai Panci Cantung, Kelumpang Hulu Kab Kotabaru. Merencanakan pulang lebih awal karena akan mengadakan acara keluarga sesudah lebaran itu, lantaran akan mengkhitan anaknya, sehingga mudik lebih awal. Selain itu, guna menghindari membludaknya penumpang disaat mendekati H-3 lebaran.

Dengan adanya prioritas pelayanan bagi anak anak, manula dan wanita hamil serta menyusui ini, disambut positif oleh M Nasir. Ia menilai, hal tersebut sangat membantu masyarakat yang tengah memerlukan pemberlakuan khusus. Sehingga tidak berjejalan, saat menaiki tangga hingga memasuki kapal. "Alhamdulillah lebih teratur saat ini" ujar M Nasir. (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®








Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved