Home » » Bagi Waga Sipil, Senpi Tak Boleh Beredar

Bagi Waga Sipil, Senpi Tak Boleh Beredar

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 19 Juli 2013 | 13.29

Batulicin / fokusbatulicin.com - Setiap warga sipil yang ingin menguasai, memiliki, dan menggunakan senjata api (Senpi) untuk keperluan beladiri dan olahraga berburu, harus memiliki perizinan yang lengkap dari Polri. Setelah memiliki izin, maka Senpi yang akan digunakan harus diamankan di markas Polri, baik di tingkat Polres, maupun Polda. Hanya bisa di pegang pada saat diperlukan pada kegiatan beladiri maupun olahraga berburu, dan tidak diperbolehkan membawanya sehari hari diluar keperluan itu. Demikian dijelaskan oleh Kapolres Tanah Bumbu AKBP Asep Taufik melalui Kasubag Humas AKP Ana Setiani.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kasubag Humas, yang saat itu didampingi Kasat Intel Wiliem Mahulette, terkait adanya aksi maupun kejadian penyakahgunaan Senpi seperti di Plaihari, menurutnya itu sangat melanggar UU No 12 Tahun 1950, yang mengatur tentang kepemilikan Senjata Api di Indonesia.

"Apabila ada warga sipil yang memegang atau melekat dibadannya, atau menimpan di rumahnya, itu sudah jelas melanggar aturan tersebut, dan patut dijerat dengan hukuman" ujar AKP Ana Setiani.

Bahkan, belakangan setelah banyak yang menyalahgunakan air soft gun, atau senjata angin yang menggunakan peluru gotri dan gas, untuk tindak kejahatan, kini peredarannya juga telah di larang, sesuai dengan permintaan ketua perbakin melalui surat resminya yang masuk ke mabes polri.

"Itu sebagai pembanding saja, air soft gun saja dilarang peredarannya apalagi senpi, semua yang ingin menggunakannya harus berdasarkan aturan yang berlaku. Jika ada senpi ditangan warga sipil, jelas sudah menyalahi aturan. Karena yang benar, senpi selalu berada di markas polri, untuk disimpan. Meski bagi pemilik yang telah mengantongi izin, memiliki hak pada benda senjata tersebut" jelasnya lebih lanjut. (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved