Home » » BKD Tanbu Buka Pendaftaran Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

BKD Tanbu Buka Pendaftaran Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 09 Juli 2013 | 20.30

fokusbatulicin.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanbu membuka pendaftaran calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun ajaran 2013/2014.  Hal tersebut tentunya merupakan kabar gembira bagi masyarakat bumi bersujud khususnya para siswa-siswi yang baru lulus SMA/Sederajat.

Kepala BKD Tanbu HM Thaha melalui Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Tanbu, Jurhamin, S.Pt mengatakan penerimaan tersebut berdasarkan pada surat edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 892.1/3212/SJ tentang Penerimaan CPNS calon praja IPDN Tahun Ajaran 2013/2014.
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 01 Juli 2013 sampai dengan 13 Juli 2013 pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanbu di Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi Batulicin.

"Hingga saat ini, sudah sekitar sepuluh lebih pendaftar yang mengajukan berkas ke BKD Tanbu," ujar Jurhamin, Rabu (3/7) di Gunung Tinggi, Batulicin, seraya mengatakan Pemerintah Daerah melalui BKD sudah menyebar informasi ini ke Sepuluh Kecamatan yang ada di Tanbu melalui surat edaran, spanduk dan baliho.
Lebih lanjut, Jurhamin mengatakan, dalam pendaftaran calon Paja IPDN ini, BKD Tanbu cuma melakukan seleksi administrasi saja dan selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh pihak Propinsi.

Adapun persyaratan calon peserta seleksi yaitu, Warga Negara Indonesia, usia pelamar seleksi pertanggal 1 Desember 2013 untuk pelamar umum berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun dan untuk pelamar PNS Tugas Belajar berusia maksimal 24 tahun dengan masa kerja menjadi PNS minimal 2 tahun, Tahun Ijasah/STTB Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) pendaftar yaitu 2011, 2012 dan 2013 bagi pelamar umum, nilai rata-rata Ijasah/STTB SMA/MA minimal 7,00.

Syarat lainnya yaitu tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita 155 cm, tidak bertato atau bekas tato dan bagi pelamar pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat, tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian, Surat Keterangan Berbadan Sehat, Surat pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orang tua/wali dan disahkan Kepala Desa/Lurah setempat yang dinyatakan secara tertulis ditandatangani diatas materai Rp. 6000, Surat pernyataan siap diberhentikan tanpa menuntut dimuka pengadilan melalui PTUN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsimaupun menjual belikan narkoba melakukan perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan dan melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani diatas materai Rp. 6000, Fotocopy ijasah/STTB SMA/MA yang dilegalisir oleh pejabat berwenang, pasphoto berwarna dan tidak memakai kacamata ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar dan 4x6 cm sebanyak 2 lembar dengan latar belakang warna merah, menyerahkan berbagai surat pernyataan yang telah ditentukan, serta syarat pendaftaran disusun rapi dan dimasukkan kedalam stopmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stopmap merah bagi pelamar wanita.

Sedangkan tahapan seleksi meliputi seleksi administrasi,  Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kesehatan dan Tes Kesamaptaan/Jasmani, Tes Psikologi, Penentuan Akhir, dan pengumumam CPNS Calon Praja IPDN yang diterima menjadi IPDN dan seleksi penerimaan CPNS Calon Praja IPDN menggunakan sistem gugur yaitu para peserta dapat mengikuti seleksi tahap selanjutnya apabila dinyatakan lulus atau memenuhi syarat pada tahap selanjutnya. (Dd/Hms)
 
Powered by fokusbatulicin.com®






Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved