Home » » Dari 92 Korban Keracunan, 57 Orang Dipastikan Masuk RSUD

Dari 92 Korban Keracunan, 57 Orang Dipastikan Masuk RSUD

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 17 Juli 2013 | 22.11

Bupati Tanbu Tinjau Pasien Keracunan Masal di RSUD

Batulicin / fokusbatulicin.com - Hingga pukul 22: 13 Wita, tercatat dari 92 korban keracunan hingga pukul 19: 00 Rabu ( 17/7) hanya 57 orang yang masuk ke ruang perawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanah Bumbu, Jl Raya Sepunggur Desa Sepunggur Kecamatan Batulicin.

 Dari 57 pasien, diketahui sebanyak 17 orang merupakan anak anak. Diperkirakan masih ada yg diperjalanan, menurut Sekretaris Dinas Kesehatan, diperkirakan 2 orang masih dilarikan dari Desa Mentawakan Mulia menuju RSUD Tanah Bumbu.

Dr. Daru Dewa Kepala Rumah Sakit, menjelaskan jika dilihat dari keluhan pasien, penanganannya paling cepat 2 sampai 3 hari. rata rata keluhan yang diderita pasien adalah, mual, muntah dan mencret. Setiba di Rumah Sakit Umum mereka langsung mendapat perawatan lanjutan (rujukan) setelah awalnya mendapatkan perawatan di desa.

"Saat ini perawatan sudah diberikan, diantaranya pemberian obat oral dan juga melalui infus" ujar Dr. Daru Dewa.

Sementara Bupati Tanah Bumbu yang berkunjung ke Rumah Sakit bersama Sekda Kab, dan sejumlah pejabat, usai melaksanakan shalat tarawih di Kota Pagatan, malam itu juga langsung menyambangi satu persatu bangsal perawatan yang dipenuhi oleh korban keracunan. Setelah puas melihati pasien, Bupati juga melihat kesiapan Team Tagana yang diperintahkan membuat dapur umum.

Namum, setiba di lokasi dapur umum, Bupati terlihat sedikit kecewa. Lantaran di tempat itu untuk kebutuhan logistik, baik beras, lauk dan pauk untuk persiapan konsumsi korban keracunan dan pihak keluarga yang ikut mengantar, belum ada ditempat itu. Hanya ada dapur dan sejumlah panci kosong.

" Mana ini nang dimakan? Siapa yang bertanggung jawab mengurus logistik" tanya bupati, sementara sejumlah pejabat yang ada ditempat itu, saling tunjuk. Beruntungnya Sekda Kab, menjelaskan bahwa untuk Kejadian Luar Biasa (KLB) belum ada kos anggaran tersendiri untuk pelayanan kebutuhan konsumsi pasien, hanya dalam bentuk obat obatan dan perawatan kesehatan.

"Untuk sementara kita bebankan ke Bagian Umum Perlengkapan Setda Kab Tanbu saja" Ucap Sekda, H Gusti Hidayat. Seraya mengabarkan diirencanakan, Bupati Tanah Bumbu bakal ikut sahur bareng, bersama keluarga korban. (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved