Home » » Gunung Penyesalan, Jalur Olahraga Ekstreeme

Gunung Penyesalan, Jalur Olahraga Ekstreeme

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 05 Juli 2013 | 08.22

fokusbatulicn.com - Gunung Penyesalan yang dulunya dikenal dengan nama Gunung Kukusan yang terletak di desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu, belakangan mulai terkenal setelah beberapa event olahraga ekstreeme di gelar di jalur pegunungan Jhonlin tersebut.

Beberapa event olahraga Ekstreeme bertarap Nasional dan bahkan Internasional pernah di geber. Sebut saja Event International Offroad Bhayangkara, lost In South Borneo Adventure Treil, UTV dan Jeep Adventure, serta yang baru baru ini digelar pula ditempat yang sama olahraga Hikking Lintas Medan. Membuat, nama Gunung Penyesalan menjadi lebih melekat dibenak pecinta olahraga Ekstreeme di Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan.

Gunung penyesalan, pegunungan berbukit dengan kondisi medan berbatu lepas, tanah merah mengandung biji besi, track menanjak yang dikenal dengan sebutan track cagat (70 derajat) turunan curam, memiliki ketinggian yang cukup buat memandang seluruh wilayah Kab Tanah Bumbu, Kab. Kotabaru, Tarjun dan sebagian Willayah Plaihari dan Kab. Banjar dari punggung gunung ini.

Belum lama tadi, di puncak peringatan HUT Bhayangkara 2013, sedikitnya Kurang lebih 300 personil polres dan juga anggota Jhonlin Security Service mencoba uji nyali dalam sebuah event Lintas Medan di jalur pegunungan tertinggi di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan ini, dengan hanya berjalan kaki dari Sungai Bantai (gerbang penyesalan), menuju Vila Jhonlin (finish penyesalan).

Menurut salah seorang peserta yang ikut dalam event Lintas Medan itu, Agung yang juga anggota Polres Tanah Bumbu, mengatakan, jalur sepanjang 15Km itu terbilang cukup sulit untuk bisa ditaklukkan, meski kadan mereka harus lari, berjalan kaki, atau istirahat menyelonjorkan kaki. Namun karena di tuntut untuk mencapai finish dengan waktu tercepat, akhirnya tak sedikit yang mengalami Keram dan terpaksa di evakuasi menggunakan UTV, untuk keluar lintasan.

"Itu aja ada yang kebalik mobil UTV team evakuasinya, medannya luar biasa ekstreeme mas" ujar Agung.
Dari event Lintas Medan, di ketahui tercepat dengan menempuh finish dengan waktu 1jam lebih, dari anggota Satpol Air Polres Tanbu, kemudian di urutan kedua Anggota Satlantas Polres Tanbu dan ke tiga disusul oleh anggota Jhonline Securyti Services.

Menurut Kapolres Tanah Bumbu AKBP Asep Taufik, melalui Kasubag Humas Polres Tanbu AKP Ana Setiani, kegiatan itu dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara, sekaligus mempererat silaturrahmi sesama anggota melalui olahraga. " Bukan itu saja, banyak sebenarnya olahraga lainnya yang kita gelar, namun untuk yang mengambil event di gunung penyesalan cuma event lintas medan itu" ucap Ana singkat. (Ley)

Powered by fokusbatulicn.com®





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved