Home » » Hujan Setiap Hari, Badan Jalan Banyak Rusak

Hujan Setiap Hari, Badan Jalan Banyak Rusak

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 16 Juli 2013 | 17.24

fokusbatulicin.com - Sepekan lebih, Kota Batulicin dan sekitarnya, di Bumi Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, terguyur hujan. Hujan yang turun meski intensitasnya dalam curah hujan yang tergolong sedang, setiap hari itu, tetap saja membuat sejumlah ruas jalan di tempat itu becek, dipenuhi air, bahkan hingga merobek permukaan badan jalan, dan mengakibatkan kerusakan.

Sebut saja ruas jalan raya Batulicin-Pagatan, dibeberapa titik di kawasan ini terdapat kubangan kubangan genangan air, aspal diatasnya retak retak, pecah hingga terkelupas. Belum lagi, sejumlah badan jalan yang sengaja dikoyak kontraktor, lantaran memasuki masa pemeliharaan, membuat jalan raya provensi itu terlihat semakin parah. Batu dan tanah yang mengisi potongan badan jalan rusak itu terburai berhamburan bersama air hujan. Sehingga, sangat berbahaya bagi pengguna jalan yang melintasinya.

Pemandangan lain, seperti yang terlihat di Jalan Raya Provensi transmigrasi Pelajau-Sarigadung, ingga ke Desa Manunggal Kecamatan Simpang Empat. Di beberapa titik ditempat ini juga mulai mengalami kerusakan. Bahkan, sisi sisi jalan yang kini memasuki masa perbaikan saluran air itu juga tak sepenuhnya bisa berfungsi dengan baik. Akibatnya, banyak air yang meluber ke badan jalan, dan bercampur aduk dengan lumpur yang berada di samping badan jalan. Aspal yang hitampun, berubah menjadi jalan yang becek dan berlumpur.

"Musim hujan memang selalu bikin repot, tapi mau harus gimana lagi, kita hanya patut bersyukur. Tapi setidaknya, dengan kejadian seperti ini, juga harus menjadi PR bagi pemerintah daerah dalam hal memberikan kehidupan dan lingkungan yang baik bagi masyarakatnya. Kedepan, kita berharap, jalan jalan yang ada di pusat kota, bisa diperbaiki lebih cermat lagi, dengan mengingat pelajaran musim hujan ini. Begitu juga kondisi drainase saat ini yang ada di sepanjang sisi jalan raya harus selalu dijaga dan dirawat hingga memberikan manfaat bagi manusia itu sendiri. Jika telah baik, pemerintah juga telah membuatkan fasilitas jalan, dan drainase, maka seyogyanya, masyarakatlah harus menjaga dan memeliharanya, agar Jalan di tempat kita selalu bersih dan tidak digenangi air" ucap Teguh Adi warga Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat, yang ditemui fokusbatulicin.com sepulang kerjanya, menggunakan kendaraan roda dua, sambil membersihkan kaki kakinya yang kotor akibat percikan lumpur.

Terkait dengan kondisi jalan yang terlihat banyak mengalami kerusakan ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ir. Sofiani melalui Sekretarisnya, Roy Rizali Anwar ST, mengatakan pihaknya terus menerus berupaya melakukan perbaikan fasilitas umum tersebut. Bukan saja melalui anggaran perbaikan secara total, akan tetapi, beragam program pemeliharaan jalan dan drainase juga kerap di turunkan. Namun, karena faktor alam seperti saat ini, tentunya membuat pihaknya harus memutar otak lagi, agar bisa segera diperbaiki lagi. " Jika tidak ada dalam anggaran, maka kita juga tetap harus memikirkan mencarikan solusi, agar kondisi jalan ditempat kita bisa terjaga tetap baik, dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Kita akan data, kemudian akan kita laporkan kepada Bupati, sehingga cepat bisa ditangani" ujar Roy.

Ditambahkannya , khusus untuk proyek jalan yang sampai saat ini belum tertangani, akan segera ditangani melalui masa peliharan dengan menggunakan dana pemeliharan jalan yang bersifat sementara sambil menunggu angaran terssedia. (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved