Home » » Jelang Ramadhan, Harga Sembako Naik

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Naik

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 09 Juli 2013 | 14.06

fokusbatulicin.com – Kepala Disperindagkop dan UKM Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan, Nooryakin, SE, MM mengatakan berdasarkan pemantauan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan ini, juga sekaligus  menindaklanjuti pasca naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Siapa tahu saat menjelang Ramadhan kali ini harga Sembako akan semakin naik dan tidak terkontrol lagi. 
"Pemerintah Daerah akan terus melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan kalau pun terjadi kenaikan harga tidak terlalu tinggi," ujar Nooryakin seraya mengatakan selain melakukan pemantauan harga , kegiatan hari ini juga untuk mencek ketersediaan bahan kebutuhan pokok apakah penyalurannya lancar atau tidak.

Terkait pemantauan harga, menurut Nooryakin, harga kebutuhan pokok yang ditemukan masih relatif stabil. Naiknya harga BBM yang ditetapkan pemerintah pusat beberapa waktu lalu masih belum memberikan dampak naiknya harga Sembako secara menyeluruh. Seperti Minyak Goreng Bimoli, tepung terigu, beras lokal jenis Unus, telur ayam, dan telur itik, serta susu kental manis indomilk hingga saat ini harganya masih tetap bertahan seperti saat sebelum terjadi kenaikan harga BBM.
Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Tanbu melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok menjelang masuknya bulan ramadhan 1434 hijriah.

Pemantauan harga kebutuhan pokok tersebut bahkan langsung dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Tanbu H. Difriadi Darjat di kawasan pasar tradisional di Kecamatan Simpang Empat.
Sejumlah harga kebutuhan pokok seperti Minyak Goreng Bimoli masih tetap di kisaran Rp. 12.500/botol isi 620 cc/ml, beras unus Rp. 35.000 per gantang atau setara sekitar Rp. 11.700/kg, telur ayam ras Rp. 36.000/ rak isi 30 butir, telur itik Rp. 66.000/ rak isi 30 butir, dan susu kental manis Indomilk Rp. 9000/kaleng. Meskipun tidak sedikit harga Sembako yang juga telah mengalami kenaikan akibat naiknya harga BBM namun ada juga yang harganya justru menurun dari sebelumnya.

Harga Sembako yang telah naik di antaranya bawang merah, cabe merah kriting, daging ayam potong, dan daging sapi, sedangkan Sembako yang harganya turun adalah gula pasir dan bawang putih. Bawang merah yang awalnya dijual pedagang dengan harga Rp. 40.000/kg kini meningkat menjadi sekitar Rp. 45.000/kg. Cabe merah kriting naik dari Rp. 45.000 menjadi Rp. 50.000/kg, daging ayam potong naik dari Rp. 21.000 menjadi Rp. 22.000/kg, dan harga daging sapi naik dari Rp. 100.000 menjadi Rp. 120.000/kg.
Untuk gula pasir harganya justru turun dari Rp. 14.000/kg menjadi Rp. 13.000/kg. Dan harga bawang putih yang awalnya Rp. 23.000/kg turun menjadi Rp. 20.000/kg. (Dd/ HMS)
 
Powered by fokusbatulicin.com®




Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved