Home » » Mardani Minta Calon Sekda Fahami Visi Misi Bupati, Serta Mampu Menjalankan Tugas dan Fungsinya sebagai Sekda

Mardani Minta Calon Sekda Fahami Visi Misi Bupati, Serta Mampu Menjalankan Tugas dan Fungsinya sebagai Sekda

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 17 Juli 2013 | 16.48

Batulicin / fokusbatulicin.com - Mendekati masa Pensiun Sekda Kab Tanah Bumbu H. Gusti Hidayat dalam waktu dekat ini, Bupati Tanah Bumbu telah mempersiapkan sejumlah calon Sekda, untuk menduduki jabatan tersebut. Salah satunya melalui penyampaian program calon Sekda melalui kegiatan safari ramadahan.

Moment Safari Ramadhan Kali ini, bisa juga disebut Safari "Calon Sekda" Kab Tanah Bumbu. Betapa tidak, pada kegiatan Safari Ramadhan 1434H tahun ini, secara khusus Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mendelegasikan sejumlah calon sekda, yang rata rata saat ini bertugas dan atau menjabat sebagai Kepala Dinas/Badan di pemerintahan, untuk menyampaikan program utama mereka masing masing, jika mereka terpilih menjadi Sekda.

Penyampaian Program Calon Sekda itu, diminta Bupati secara resmi pada saat menghadiri kunjungan Safari Ramadhan pertamanya ke Kecamatan Satui, Senin (15/7) malam lalu. Dimana, malam itu, bupati menghimbau agar para calon sekda mempersiapkan diri pada malam malam berikut Safari untuk memanfaatkan moment tersebut, agar masyarakat dapat mengetahui, dan begitupula sejumlah petinggi dinas, bisa melihat tingkat sinergisitas antara kebijakan Bupati dengan Calon Sekda.
Saat dimintai Komentarnya,

Terkait penyeleksian Calon Sekda ini, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, mengatakan, yang terpenting bagi setiap calon akan layak terpilih jika memiliki Karakter Penting Seorang Sekda. Diantaranya adalah mengetahui dengan Peraturan Daerah dan Peraturan Pemerintahan lainnya, kemudian memahami Visi Misi Kepala Daerah , serta mampu menempatkan diri pada jabatan yang di emban, yakni sebagai seorang Sekda seutuhnya.

"Secara pribadi saya berharap mereka memahami itu, selain mereka juga dapat benar benar memahami tugas pokok jabatan Sekda Kabupaten, karena salah satu tugas dan fungsinya adalah membantu kepala daerah dalam hal pemerintahan" ujar Mardani H Maming, saat ditemui fokus batulicin.com diruang tugasnya, Selasa (16/7) kemarin.

Meski malam pertama safari ramadhan itu, Bupati menitip pesan kepada 3 Nama calon sekda saja, Erno Rudy Handoko, Ambo Sakka, dan Sayid Ahmad, namun ujar Bupati, malam Safari Ramadhan juga terbuka bagi semua calon sekda lainnya. Sehingga secara tidak langsung, kegiatan itu juga termasuk dalam bagian proses penjaringan. Karena, melihat banyaknya nama calon sekda yang sudah mengisi formulir, maka pemilihannya pun dilakukan lebih selektif lagi, sehingga nantinya nama nama yang masuk ke meja Gubernur, sebagai ujung tombak terakhir seleksi, harus benar benar memiliki kompetensi.

Saat ditanya, adakah daftar nama yang sudah menjadi Calon Sekda "jagoan" Bupati, Mardani mengaku sampai saat ini belum ada satupun, dirinya meminta biar saat ini berjalan sesuai aturan, sehingga publik baru bisa mengetahui nama calon sekda yang sudah benar benar keluar dari "kantong" Gubernur Kalsel saja.

"Saat ini belum ada" ujarnya singkat,
Salah seorang pejabat, yang saat ini telah memangku jabatan dengan Gol 4c, Mustaing, mengaku dirinya tidak berambisi untuk menjadi Calon Sekda, sehinga ia enggan untuk terjun ke kancah penjaringan Sekda, menurut Mustaing yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Bupati ini, alasannya adalah saat ini masih banyak pejabat lainnya yang terlihat lebih mampu menempati jabatan tersebut. " Kita kada usah gin, yang lain aja" ucapnya.

Sekedar diketahui, Sekretariat daerah adalah unsur pembantu pimpinan pemerintah daerah, yang dipimpin oleh seorang Sekretaris Daerah (Sekda). Sekretaris daerah bertugas membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah. Dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya, sekretaris daerah bertanggung jawab kepada Kepala Daerah. Sekretaris Daerah
diangkat dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi persyaratan. Sekretaris daerah karena kedudukannya sebagai pembina PNS di daerahnya. Sekretaris Daerah dapat disebut jabatan paling puncak dalam pola karier PNS di Daerah.

Sekretariat Daerah Kabupaten/Kota merupakan unsur pembantu pimpinan Pemerintah Kabupaten/
Kota yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati/Walikota. Sekretariat Daerah Kabupaten/Kota bertugas membantu Bupati/ Walikota dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh Perangkat Daerah Kabupaten/Kota.

Sekretaris Daerah untuk kabupaten/kota diangkat dan diberhentikan oleh Gubernur atas usul Bupati/Walikota. Sekretariat Daerah Kabupaten/Kota terdiri atas sebanyak-banyaknya 3 Asisten; dimana Asisten masing-masing terdiri dari sebanyak-banyaknya 4 bagian. Sekretaris Daerah mempunyai Tugas Pokok dan kewajiban membantu Bupati dalam menyusun perumusan kebijakan, mengkoordinasikan Dinas Daerah, Lembaga Teknis Daerah, Kecamatan, dan Kelurahan, pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, administrasi, organisasi dan tata laksana, pengelolaan sumberdaya aparatur, serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh Perangkat Daerah.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut di atas, Sekretariat Daerah mempunyai fungsi penyusunan program kerja Sekretariat Daaerah, penyusunan perumusan kebijakan Pemerintahan Daerah, pengkoordinasian pelaksanaan tugas Dinas Daerah dan Lembaga Teknis Daerah serta Kecamatan dan Keluruhan, penyelenggaraan administrasi Pemerintahan Daerah, pengelolaan sumber daya aparatur, keuangan, sarana dan prasarana penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, pembinaan administrasi dan aparatur Pemerintahan Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Pemerintahan Daerah, serta pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya. (Ley)

Powered by Edha Kencana Corp®











Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved