Home » » Pelanggar Disiplin Berat, Anggota Polres Tanbu Di Titip Di Sel Polda Kalsel

Pelanggar Disiplin Berat, Anggota Polres Tanbu Di Titip Di Sel Polda Kalsel

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 23 Juli 2013 | 23.26

Batulicin / fokusbatulicin.com - Jika dibandingkan dengan Tahun 2012 lalu, pelanggaran disiplin oleh anggota Polres Tanah Bumbu di Tahun 2013 ini terjadi penurunan. Meski, pelanggaran disiplin tersebut di dominasi akibat bolos kerja alias tidak masuk dinas, ada juga lantaran terbukti sebagai pengguna narkoba.

Menurut Wakapolres Tanah Bumbu Kompol Sentot Adi melalui Kasi Propam Polres Tanah Bumbu HM Mulyani, Selasa (23/7) kemarin kepada fokusbatulicin.com rata rata sidang disiplin pada Tahun 2012 hanya ada 44 pelanggaran, sementara di Tahun 2013 ini, periode dari bulan januari sd Juli, terdapat sebanyak 16 pelanggaran disiplin.

Kasi Propam Ipda HM Mulyani Jarkasi menjelaskan, untuk anggota yang awalnya terindikasi menggunakan narkoba, cukup dilakukan test urin di Ruang Unit Narkoba dan juga melibatkan Unit Kesehatan Polres, kemudian akan dilanjutkan dengan beberapa kali sidang disiplin yang digelar di Makopolres Tanah Bumbu, jika nantinya terbukti dan telah ditetapkan masa hukuman, maka yang bersangkutan akan dititipkan di sel polres atau Polda Kaslel. Tergantung besar kecilnya kesalahan anggota.

"Bahkan ada juga yang tidak sampai di sel, cukup dengan cara pemberian surat teguran saja, kemudian penundaan gaji berkala, atau sekedar penundaan kenaikan pangkat dan lainnya" ujar Mulyani.

Di beberkan Mulyani lebih lanjut, Sidang Disiplin anggota pelanggar disiplin Polri ini terakhir 19 Juli 2013 dengan persidangan bagi 8 orang Anggota Polres Tanbu baik yang bertugas di Makopolres, maupun Makopolsek. Dengan ragam bentuk kesalahan pariatif, diantaranya Brigadir Yahya Mawardi, anggote polsek satui, positif terbukti menggunakan narkoba, dan mengakui sebagai pengguna. Di ponis Hukuman tahanan khusus selama 21 hari yang dititipkan di sel Polda kasel, penundaan pangkat 1 periode, penundaan pendidikan /kejuruan 1 tahun.

Selanjutnya Pelaku Pengawalan alat berat tanpa surat perintah, atas nama Brigadir Sumadi (Sabhara) hukuman selama 21 hari tahanan sel, dan penundaan gaji berkala 1 periode (1tahun). Kemudian Bripda Tony Putra Pratama juga diketahui melakukan pengawalan alat berat tanpa seprint, yang bersangkutan di sel selama 7 hari di Mako Polres Tanbu.

" Selain itu, Bripda Eko Hadi Purnomo, diketahui telah meninggalkan tugas selama 11 hari, yang bersangkutan merupakan anggota Polsek Karang Bintang, akibatnya harus menjalani sidang disiplin dan masa hukuman penempatan sel khusus di Polres Tanbu selama 7 hari" terang Mulyani.
Untuk Anggota Polsek Kusan Hulu atas nama Bripda Mihrab bersma 2 anggota lainnya yakni Briptu Ilham, dan Briptu M Amin juga menjalani sidang disiplin, dengan rata rata putusan sidang wajib sel selama 7 hari, lantaran lalai menjalankan tugas yang mengakibatkan kaburnya tahanan polsek setempat kabur.

" Sebelumnya juga kita juga ada menggelar sidang pada Tgl 17 lalu , dengan menghadirkan 7 orang anggota, sidang tersebut khusus menghadirkan para anggota positif menggunakan narkoba, berdasarkan tes urin Polres Tanbu. Seluruhnya menjalani hukuman penundaan gaji berkala, kecuali, salah satunya Brigadir Hari S Bangun (Sabhara) yang putusan sidangnya mengharuskan untuk menjalani hukuman tahanan selama 21 hari di titipkan di ruang sel di Polda Kalimantan Selatan" kata Mulyani, lebih lanjut.

Dituturkannya, Apabila 3 kali melakukan pelanggaran akan dilakukan sidang KKE, yg berujung pada PTDH (pemberhentian dengan tidak hormat) di lihat dari jenis dan bentuk kesalahan. Kemudian jika anggota terbukti tidak masuk kerja selama 1 bulan berturut nggak, sidang disipilin bisa sama memutuskan pecat, tanahan 7 hari, 14 atau 21 hari, atau bentuk peringatan teguran tertulis, penundaan kenaikan pangkat, penundaan gaji berkala. Dan lainnya, tergantung jenis kesalahan yang bersangkutan. (Ley)

Powered by Telkomsel BlackBerry®







Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved