Home » » Pemkab Tanbu Dorong Dinamika Ekonomi Kerakyatan Melalui Peningkatan Kualitas SDM

Pemkab Tanbu Dorong Dinamika Ekonomi Kerakyatan Melalui Peningkatan Kualitas SDM

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 13 Juli 2013 | 14.51

fokus batulicin. com – Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) berkomitmen terus mendorong dinamika ekonomi kerakyatan warga masyarakat Bumi Bersujud. Komitmen itu sebut Bupati Tanbu Mardani H. Maming, tak lain sebagai wujud keinginan pemkab untuk mengupayakan tatanan ekonomi masyarakat yang tidak hanya bergerak kearah yang lebih baik dengan target peningkatan kesejahteraan pelaku ekonomi kerakyatan, namun juga diproyeksikan sebagai solusi untuk membangun progres performa perekonomian daerah secara menyuluruh. Bahkan, langkah strategis itu juga dijadikan alternatif solusi oleh pemerintah daerah dalam rangka mengurangi angka pengangguran di daerah.

Seperti beberapa bulan yang lalu, Pemkab Tanbu melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) menggelar pelatihan menjahit kepada warga ekonomi menengah kebawah sebanyak 30 orang. Kepala Disperindagkop dan UKM Tanbu, Nooryakin, melalui Kasi Bina Produksi, Fitriyanto, mengatakan pelatihan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat memiliki  keterampilan sehingga mampu menjadi pelaku wira usaha baru dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Para peserta yang mengikuti pelatihan menjahit tersebut merupakan warga perempuan dengan usia produktif antara 18 tahun hingga 40 tahun, dengan peserta seluruhnya adalah perempuan.

 Dalam pelatihan itu para peserta mendapatkan materi dasar-dasar menjahit, tekhnik mengolah pola, serta bagaimana cara meningkatkan kualitas pakaian hasil jahitan. Selama pelatihan yang diberikan, peserta sudah bisa membuat pakaian jadi, dan sudah mulai menguasai bagaimana cara menjahit yang baik. "Untuk mensukseskan program strategis dibidang pemberdayaan ekonomi kerakyatan khususnya yang digerakkan perempuan itu kami juga melibatkan peran serta jajaran TP. PKK Tanah Bumbu", sebut Fitriyanto.

Hal ini juga senada dengan yang disampaikan oleh Ketua TP. PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani dalam berbagai kesempatan, bahwa banyak program TP. PKK Tanbu yang juga terintegrasi dengan program SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Tanbu khususnya terkait dengan program pemberdayaan perempuan dan keluarga. "Ini tak lain sebagai bentuk partisipasi dan keikutsertaan kami jajaran TP. PKK Tanah Bumbu dalam turut mendukung program-program pembangunan yang dijalankan pemerintah daerah khususnya dibidang perempuan dan keluarga", papar Erwinda.

Agar program-program yang dijalankan pihaknya bersama SKPD-SKPD termasuk dengan Disperidagkop dan UKM tersebut dapat berjalan maksimal dan memberikan dampak perbaikan dan peningkatan kualitas kesejahteraan pelaku ekonomi kerakyatan, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan semua pihak terkait. Selain itu sebutnya, evaluasi program juga menjadi hal penting untuk memaksimalkan target program.
"Evaluasi itu sekaligus pula sebagai langkah pendampingan dan pembinaan", ujar Erwinda.

Secara terintegrasi imbuhnya, selain pelatihan menjahit, pada tahun 2013 ini, program pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang akan dilaksanakan Disperindagkop dan UKM dan mendapat dukungan TP.
PKK adalah kegiatan pelatihan anyaman purun, pelatihan membuat telur asin, pelatihan menenun, pelatihan pembuatan kerupuk ikan, pembuatan kue, pelatihan anyaman ketak, pelatihan ukiran akar kayu, serta pelatihan pembuatan terasi. (Dd / Hms)

Powered by Telkomsel BlackBerry®





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved