Home » » Pengunjung Pasar Wadai Tungkaran Pangeran, Berjubel

Pengunjung Pasar Wadai Tungkaran Pangeran, Berjubel

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 10 Juli 2013 | 16.25

fokusbatulicin.com - Hari pertama puasa Ramadhan 1434H, terlihat sejumlah warga terutama bagi umat Islam yang menjalankannya, sore Rabu (10/7) kemarin, ramai berbelanja di Pasar Wadai Tungkaran Pangeran, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Mereka rata rata membeli kue, sayur masak, dan minuman siap saji, sebagai menu berbuka puasa.

Pembukaan pasar wadai itu sendiri dihadiri oleh Wakil Bupati Difriadi Darjat, berserta sejumlah unsur muspika kecamatan Simpang Empat, serta petugas Kelurahan Tungkaran Pangeran. Kegiatan seremonial pembukaan pasar wadai itu, dilaksanakan dihalaman Kantor Kelurahan Tungkaran Pangeran. Dalam kegiatan itu, Difriadi mengatakan, momen pasar wadai ini hanya ditemukan sebulan dalam satu tahun, dan ini merupakan kegiatan yang luar biasa, karena diikuti oleh semua warga desa Kampung Baru, Kelurahan Tungkaran Pangeran serta warga KM 1 Kodeco. Dengan adana pasar wadai ini, secara tidak langsung telah memberikan kemudahan bagi umat islam yang tengah menjalankan ibadah puasa, dengan menyediakan menu berbuka puasa.

" Selain pasar wadai, yang ramai di disaat bulan puasa ini, adalah penjualan mercon. Jika pasar wadai memberi keuntungan bagi umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa, akan tetapi mercon dibunyikan pada saat orang menjalankan ibadah shalat tarawih, sangat mengganggu kekhusu'an umat muslim dalam beribadah. Karenanya, saya menghimbau kepada masyarakat, untuk mengajarkan kepada anak anak kita untuk tidak membunyikan mercon disaat umat muslim menjalankan ibadah shalat tarawih" ujar Difriadi, sesaat menjelang memotong pita sebagai tanda dimulainya transaksi jual beli di pasar wadai tersebut.

Dari pantauan fokusbatulicin.com, puluhan stands yang berada satu atap disepanjang sisi jalan raya provensi pasar sabtu itu, penuh sesak dengan jenis dan ragam wadai (Kue. Red/ dalam bahasa Banjar) tradisional yang bisa dijadikan menu untuk berbuka puasa. Dari kue bingka kering (bingka telor, bingka tapai, bingka nyiur, bingka kentang) kemudian bingka barandam, kacicak, amparam tatak, sari india, sari muka, kolak ( kolak pisang, kolak ubi nangka,) kemudian sayur masak, (lauk pauk siap saji), minuman es cendol, es buah, es pisang hijau dan masih banyak menu tradisional lagi yang disediakan. Ditempat ini, selain sudah terkenal letaknya di setiap tahun yang tak pernah berubah, juga di pasar wadai Tungkaran Pangeran ini juga menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

"Saya tiap bulan ramadhan, hampir setiap tahun berbelanja disini, ini juga bagian dari tradisi. Kalau bulan ramadhan, tidak kepasar wadai sepertinya ada yang kurang" ucap Pajri (30) salah seorang warga Pelajau, yang datang ke pasar wadai, sore itu.

Sementara, dipenghujung acara pembukaan pasar wadai, wakil Bupati Difriadi menggeratiskan pengunjung untuk membeli kue. Akhirnya, puluhan anak anak dan ibu rumah tangga yang datang ke tempat itu berjubel mengantri pembagian kue. (Ley)

Powered by fokusbatulicin.com®



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved