Home » » Peserta MOS SMAN 1 Terima Pembekalan Jurnalistik

Peserta MOS SMAN 1 Terima Pembekalan Jurnalistik

Written By Fokus Batulicin on Senin, 01 Juli 2013 | 18.01

Lebih dari 200 siswa siswi baru di Sekolah SMA Negeri 1 Kec. Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Provensi Kalimantan Selatan, mengikuti kegiatan Pra Masa Orientasi Siswa (MOS) sejak Senin (1/7) hari ini, dan direncanakan akan diberlangsungkan selama dua hari.

Ketua Panitia Pra MOS SMA Negeri 1 Kec. Simpang Empat M. Zulkifli mengatakan, Ratusan siswa ini mendapat pembekalan sejumlah bimbingan pengenalan lingkungan dunia pendidikan. Bahkan pengembangan bakat dan minat dalam masa orientasi ini mereka juga diperkenalkan sejumlah bidang yang bisa memacu motifasi peningkatan prestasi baik di bidang karya tulis, olahraga, photography dan jurnalistik.

Sejumlah Narasumber yang ikut memberikan materi mengisi masa MOS itu, diantaranya dari Dinas Pendidikan, Dewan Guru, dan juga Rombongan PWI Kab. Tanah Bumbu. Ketua PWI Tanah Bumbu Hernawan, dalam pemaparannya menyampaikan, memahami dan mengerti dunia jurnalistik akan menambah pendewasaan siswa dalam memahami kondisi lingkungan secara lebih luas di era globalisasi saat sekarang ini. "Mengerti tatacara menulis yang baik, berdasarkan kaidah jurnalistik tentunya setiap siswa bisa mengolah bakat tersebut untuk mengisi kebutuhan pendidikan di tingkat SMA, terutama dalam berkarya di bidang sastra dan bahasa indonesia. Karya sastra dan ragam penulisan juga kerap di lombakan baik di tingkat sekolah maupun nasional. Dengan menguasai tekhnik dasar jurnalistik, diharapkan setiap siswa lebih peka terhadap situasi lingkungan, baik sekolah maupun lingkungan pergaulan mereka sehari hari, untuk bisa mengolahnya menjadi sebuah informasi yang bisa bermanfaat bagi teman sebayanya melalui Mading dan lainnya" ucap Hernawan.

Lingkup luas jurnalistik bukan hanya membuat berita saja. Namun mendidik generasi bangsa lebih cerdas melalui sifat kritisnya. Terampil menganalisa sebuah permasalahan, membangun sifat jujur, tangguh dan ulet dalam berkomunikasi. Serta mampu memilah milah prilaku mana yang baik dan tidak baik. Sadar, patuh dan taat dengan landasan hukum NKRI, hingga menciptakan sosok manusia yang berkepribadian dan berbudi pekerti luhur, bertakwa terhadap Tuhan YME.

Di sesion akhir MOST bersama PWI tersebut, setiap siswa juga diberikan pembekalan dasar photography jurnalistik, oleh Photographer Media Online Fokus Batulicin. Dimana siswa diajak lebih santai dalam memahami pentingnya sebuah foto sebagai data dukung sebuah berita, serta bagaiman mengambil foto dengan baik, dan lebih mengedepankan estetika photography secara spesifik.

"Kalau memahami photo jurnalistik secara umum. Kita bukan saja mudah menyuguhkannya dalam sebuah karya tulisan berita sebagai pendamping utama. Namun aplikasi kesehariannya, pengambilan foto dengan penguasaan foto jurnalistik, akan memberi nilai plus setiap foto yang kita hasilkan, meskipun foto itu bersipat pribadi, sekedar hoby maupun foto untuk kepentingan komersial. Jadi jangan berfikir bahwa foto jurnalistik hanya pantas untuk konsumsi publik di sebuah media cetak ataupun elektronik saja, namun lebih daripada itu" ujar Fadly, yang juga Pemimpin Redaksi Fokus Batulicin.com.

Pemateri Jurnalistik lainnya disampaikan juga oleh Kristyawan (Majalah Fakta), Selametriyadi (News Week), Emir S (SCTV), dan Ryan Mokodompit (Harapan Rakyat). Yang memaparkan terkait Dasar Dasar Jurnalistik, Kode Etik Wartawan, Hukum dan Undang Undang Pers, serta sosialisasi Sekolah Jurnalistik Indonesia dan Uji Kompetensi Wartawan (Ley)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved