Home » » Program Kaspin Harus Tersosialisasi Dengan Baik

Program Kaspin Harus Tersosialisasi Dengan Baik

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 30 Juli 2013 | 12.28

Masih belum maksimalnya implementasi program Kaspin (Kartu Sehat dan Pintar) yang diluncurkan Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) sejak Januari 2013 yang lalu disebut-sebut sejumlah kalangan karena kurang maksimalnya sosialisasi yang dilakukan isntansi teknis pemilik program, hingga kurang reaktifnya jajaran aparatur kecamatan dan pemerintahan desa sebagai salah satu ujung tombak program.

Setidaknya sinyalemen itu dapat dilihat dari sejumlah masalah yang muncul di masyarakat. Salah satunya masih banyaknya warga kurang mampu yang tidak mengetahui adanya program Kaspin.
"Masih banyak warga kurang mampu di Tanah Bumbu yang tak mengetahui adanya program Kaspin. Bahkan yang mengetahuipun masih belum paham sepenuhnya apa itu program Kaspin", sebut Andi S. Jaya tokoh pemuda Pagatan Kecamatan Kusan Hilir kemarin.

Idealnya, sebagai salah satu program prioritas pemerintah daerah dalam rangka untuk meningkatkan kualitas SDM dan kualitas kesehatan warga masyarakat kurang mampu di Bumi Bersujud, seluruh elemen daerah harus bahu membahu mensukseskan program Kaspin agar dalam implementasinya dapat berjalan maksimal.

"Ya, sosialisasi harus melibatkan semua komponen daerah. Pemkab tak bisa hanya mengandalkan sosialisasi yang dilakukan oleh dinas teknis terkait yakni Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga saja. Aparatur desa hingga dilevel RT dan SKPD lain harus ikut mensosialisasikan", kata Andi S. Jaya yang juga Kepala Desa Mattone Kampung Baru Kecamatan Kusan Hilir itu.

Bahkan kata dia lagi, semua elemen yang ada di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemkab Tanbu harus turut membumikan program Kaspin kepada masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

"Semua personil SKPD bisa ikut mensosialisasikan, namun begitu instansi teknis sebagai pemilik program dari level kabupaten hingga yang ada di desa-desa harus bergerak. Misal guru-guru dan bidan-bidan desa atau tenaga medis yang ditempatkan di desa harus berperan aktif, karena mereka adalah ujung tombaknya dinas, mereka adalah penyambung lidah program dinas",tegas Andi.
Sejumlah pegawai Pemkab Tanbu pun ketika ditanya wartawan menyatakan mendukung sepenuhnya jika sosialisasi bisa dilakukan oleh semua SKPD. Seperti yang diungkapkan Kasubbag Dokumentasi Bagian Humas Setda Tato A. Setyawan.

Menurut Tato, sebagai program unggulan daerah, sosialisasi program Kaspin harus dilakukan secara terintegrasi oleh semua SKPD. Masing-masing personil mulai jajaran pejabat hingga staf pelaksana bisa turut melakukan sosialisasi.

"Ya, idealnya memang begitu. Semua SKPD bisa ikut mensosialisasikan. Metodenya bisa beragam, namun sasarannya sama yakni untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait apa itu Kaspin, apa sasaran Kaspin, tujuan Kaspin, hingga target dari program Kaspin",terang Tato.

Untuk Bagian Humas misalnya, sesuai domain tupoksi yang ada, peran Humas adalah sebagai unit kerja pemkab yang mensosialisasikan program melalui publikasi program di media cetak dan elektronik, serta melalui media baliho, leflet dan media publikasi lainnya, beber Tato.

"Dinas Perikanan dan Kelautan, misalnya. Mereka bisa mensosialisasikannya melalui media atau wadah kelompok nelayan. Dinas Peternakan, mereka bisa mensosialisasikan saat ada kegiatan penyuluhan oleh tenaga penyuluh kepada peternak atau kelompok peternak, misalnya. Intinya, semua komponen jajaran pemerintah daerah bisa memberdayakan dirinya masing-masing", beber Tato lagi.

Hanya saja, imbunya pula, dinas teknis selaku pemilik program harus memaksimalkan potensi SDM yang ada. Dan sebagai ujung tombak, guru-guru dan tenaga medis serta bidan desa harus bekerja maksimal karena peluang mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu sebagai objek program Kaspin lebih dominan ketimbang personil SKPD lainnya. (Bas)
Powered by Telkomsel BlackBerry®










Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved