Home » » SMS Center Sebagai Media Ukur Tingkat Kepuasan Publik

SMS Center Sebagai Media Ukur Tingkat Kepuasan Publik

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 30 Juli 2013 | 10.04

Batulicin / fokusbatulicin.com - Beragam cara telah ditempuh Pemkab Tanah Bumbu untuk mendorong optimalisasi dari jalannya fungsi-fungsi pelayanan publik khususnya terkait dengan pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan gratis yang menjadi program unggulan pemerintah daerah dalam rangka mendorong peningkatan kualitas masyarakat Tanah Bumbu yang sehat, cerdas dan sejahtera.
Salah satu cara yang ditempuh pemerintah daerah yakni dengan dibukanya SMS Center dengan nomor 08115020205. Dibukanya layanan SMS Center ini diharapkan menjadi terobosan penting bagi Pemkab Tanah Bumbu untuk mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik di Bumi Bersujud di bidang kesehatan dan pendidikan.

Namun begitu media SMS Center itu juga diproyeksikan oleh pemerintah daerah untuk menjaring aspirasi publik terkait jalannya proses pembangunan daerah. Dimana melalui media SMS Center tersebut publik bisa menyampaikan masukan, kritikan, ataupun harapan kepada pemerintah daerah.
Dengan solusi layanan SMS Center pemerintah daerah berharap akan ada masukan konstruktif dari publik terkait tingkat kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) khususnya SKPD teknis pelaksana program kesehatan dan pendidikan gratis yakni Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga sebagai salah satu program unggulan Pemkab Tanah Bumbu.

Dibagian lain, melalui media SMS Center itu setidaknya bisa dijadikan sebagai media membangun karakter kinerja dan profesionalisme jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga sebagai salah satu ikon ujung tombak pelayanan publik di Bumi Bersujud.
Ini karena pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan menjadi salah satu ikon program strategis daerah yang harus dibangun dengan konsepsi filosopi memberikan yang terbaik untuk masyarakat.
Karenanya, tingkat kepuasan publik harus benar-benar terukur dengan parameter kualitas pelayanan yang dapat dikaji dan dievaluasi melalui indikator SOP (Standar Operasional Prosedur).

Metode langkah solutif itu harus ditempuh sebagai upaya penting dalam rangka mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan publik dibidang kesehatan dan pendidikan. Karena jika tidak, program kesehatan dan pendidikan gratis yang saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah daerah akan sulit diukur target capaian programnya.

Disisi lain, dengan adanya media SMS Center tersebut pemerintah daerah khususnya SKPD teknis yang membidangi dua program pelayanan publik itu mendapat manfaat lain berupa kemudahan dalam melakukan pengawasan dan menjalankan fungsi kontrol terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan jajaran pelaksana teknis di lapangan yang ada di pusat-pusat pelayanan kesehatan masyarakaty mulai dari RSUD Tanah Bumbu, Puskesmas, Pustu, Poskesdes, Polindes dan fungsi-fungsi pelayanan kesehatan serta lembaga pendidikan daerah.

Bahkan lebih dari itu, media SMS Center itu tak hanya bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis saja, namun media SMS Center sebagai media penyalur aspirasi publik itu juga dapat dimanfaatkan publik secara umum untuk menyampaikan aspirasi terkait dengan tingkat kualitas pelayanan publik lainnya.

Dari SMS masyarakat yang masuk itu selanjutnya akan dikaji dan dipelajari oleh pimpinan SKPD teknis terkait. Jika kemudian terbukti ada pelanggaran yang dilakukan oleh petugas maka pimpinan SKPD bersangkutan yang akan memberikan sanksi kepada petugas yang melakukan pelanggaran dan atau kelalaian hingga berdampak terhadap tidak maksimalnya pelayanan yang diterima masyarakat. (TAS)

Powered by Telkomsel BlackBerry®








Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved